Rabu 20 Dec 2023 11:37 WIB

Meski Kontroversial, Film Bollywood Animal Mampu Tembus Box Office Global

Sejauh ini hanya ada 9 film Bollywood yanh mencapai box office global.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Animal. (Ilustrasi). Animal menjadi salah satu film Bollywood yang mampu menembus bilox office global.
Foto: Dok. AA Films
Salah satu adegan di film Animal. (Ilustrasi). Animal menjadi salah satu film Bollywood yang mampu menembus bilox office global.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film Animal melewati tonggak pencapaian sejarah besar di box office. Film Bollywood baru ini dibintangi oleh Ranbir Kapoor dan Anil Kapoor. 

Dilansir Screen Rant, Rabu (20/12/2023), Animal berkisah tentang seorang pria yang berusaha membalas dendam setelah upaya pembunuhan ayahnya yang membuat perselisihan di antara keduanya. Meskipun film tersebut menuai kontroversi karena dituduh memperkuat toksik maskulinitas dan misogini, hal ini tidak mencegah film tersebut menjadi sukses besar. 

Baca Juga

Menurut Collider, box office Animal telah melampaui sejarah 100 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 1,5 triliun di box office seluruh dunia, dengan 60 juta dolar AS atau sekitar Rp 930,5 miliar berasal dari pasar India. Ini menjadikannya film India ketiga yang melewati patokan tersebut pada 2023, setelah Pathaan dan Jawan. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa, mengingat fakta bahwa hanya sembilan film India yang berhasil meraup lebih dari 100 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,5 triliun dalam sejarah box office.  

Kendati Animal menjadi film India ketiga senilai 100 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,5 triliun pada tahun ini, dua judul sebelumnya, Pathaan dan Jawan adalah film Shah Rukh Khan. Film-film India dengan pendapatan kotor tertinggi sepanjang masa adalah Jawan menduduki peringkat lima dan memiliki pendapat kotor seluruh dunia sebesar 138 juta dolar AS atau sekitar Rp 2,1 triliun. Kemudian Pathaan menduduki peringkat enam dan memiliki pendapatan kotor seluruh dunia sebesar 126,2 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,9 triliun, sementara itu Animal menduduki peringkat sembilan dengan pendapatan kotor seluruh dunia sebesar 100 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,5 triliun. 

 

Namun, fakta bahwa Animal telah bergabung dengan grup sukses besar terpilih ini berarti bahwa film itu telah membantu memecahkan rekor dunia yang besar. Tahun 2023 kini menjadi tahun yang menampilkan film India senilai 100 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,5 triliun sekaligus. 

Pemegang rekor sebelumnya, dengan masing-masing dua gelar, adalah pada tahun 2022 dengan film Tollywood pemenang Oscar RRR (nomor tiga) dan GF: Chapter 2 (nomor empat), serta tahun 2017 dengan Baahubali 2: The Conclusion (nomor dua) dan Secret Superstar (nomor delapan).

Masih harus dilihat apakah tahun 2024 dapat meniru atau bahkan melampaui kesuksesan gabungan ketiga judul tersebut. Sejauh ini belum ada film karya Ranbir Kapoor, Shah Rukh Khan, atau sutradara Animal Sandeep Reddy Vanga yang resmi dirilis pada tahun mendatang. Namun, film Bollywood mendatang lainnya termasuk Sitaare Zameen Par yang menampilkan Aamir Khan (bintang film India terlaris nomor satu Dangal); dan Jigra yang menampilkan Alia Bhatt. Kedua judul ini dan lebih banyak lagi memiliki potensi untuk tampil baik secara internasional. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement