Jumat 15 Dec 2023 23:27 WIB

Puluhan Juta Orang di Dunia Idap Sindrom Kelelahan Kronis, Apa Itu?

Penderita ME/CFS bisa merasa seperti kurang tidur meski sudah tidur semalaman.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Menurut studi dalam BMJ Open, sekitar 0,4-2,5 persen orang di dunia mengalami sindrom kelelahan kronis.
Foto:

Beragam gejala ini dapat membuat aktivitas penderita ME/CFS menjadi sangat terhambat. Mereka mungkin akan kesulitan untuk pergi berbelanja, bekerja, atau bahkan mengurus diri sendiri dan juga anak.

"Gangguan-gangguan ini mempengaruhi dan menyebabkan keterbatasan dalam keseharian mereka selama lebih dari enam bulan," jelas //associate professor// dari Johns Hopkins, Alba Azola MD.

Kondisi ME/CFS pada dasarnya bisa mengenai siapa saja. Namun, ada beberapa kelompok yang dinilai lebih rentan untuk terkena ME/CFS. Berikut ini adalah kelompok yang lebih berisiko terkena ME/CFS menurut CDC:

  • Wanita
  • Usia, dengan persentase kasus ME/CFS paling tinggi pada rentang usia 60-69 tahun dan kedua tertinggi pada rentang usia 50-59 tahun
  • Orang berkulit putih dan orang berkulit hitam non hispanik
  • Individu yang tinggal di area terpencil

Hingga saat ini, penyebab pasti dari ME/CFS belum diketahui. Namun menurut National Health Service (NHS), ada beberapa faktor yang mungkin berperan dalam kemunculan ME/CFS. Salah satu di antara faktor tersebut adalah infeksi virus.

Oleh karena itu, kemunculan gejala yang mirip seperti ME/CFS pada pasien long Covid tidak mengejutkan. Seperti diketahui, Covid-19 disebabkan oleh infeksi virus yaitu SARS-CoV-2.

Menurut profesor dari Johns Hopkins University School of Medicine, Peter Rowe MD, kasus ME/CFS umumnya muncul pada  sebagian pasien setelah mereka terkena Covid-19. Kabar baiknya, keluhan ME/CFS yang muncul setelah Covid-19 bisa membaik dengan pengobatan.

Terapi Pengobatan

Secara umum, terapi pengobatan untuk ME/CFS cukup sulit. Alasannya, belum ada obat yang dikembangkan secara khusus untuk mengatasi ME/CFS.

Meski begitu, ada sejumlah opsi terapi yang bisa membantu meringankan keluhan ME/CFS. Dengan terapi-terapi ini, penderita ME/CFS bisa menjalani aktivitas seperti biasa tanpa terhambat oleh rasa lelah.

 

Terutama terapi yang....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement