Senin 15 Apr 2024 17:46 WIB

Dokter Sarankan Pemudik Beristirahat Begitu Sampai di Rumah

Dua keluhan paling banyak dirasakan pemudik adalah tubuh pegal dan sakit kepala.

Sejumlah penumpang KRI Banda Aceh-593 saat tiba di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta, Senin (15/4/2024). KRI Banda Aceh-593 yang belayar dari Surabaya, Jawa Timur, dan Semarang, Jawa Tengah, itu menurunkan 810 pemudik serta 181 unit sepeda motor.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah penumpang KRI Banda Aceh-593 saat tiba di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta, Senin (15/4/2024). KRI Banda Aceh-593 yang belayar dari Surabaya, Jawa Timur, dan Semarang, Jawa Tengah, itu menurunkan 810 pemudik serta 181 unit sepeda motor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tenaga kesehatan dari Puskesmas Kemayoran, Jakarta Pusat menyarankan para pemudik langsung beristirahat begitu sampai di rumah masing-masing agar tetap sehat saat kembali beraktivitas seperti biasanya pada esok hari.

"Jangan telat makan. Saat sampai di rumah, beristirahat dulu, persiapan untuk besok kembali beraktivitas," kata dr. Annissa yang pernah bertugas di Posko Pelayanan Kesehatan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2024).

Baca Juga

Menurut dia, ada dua keluhan yang bisa dirasakan pemudik usai menempuh perjalanan relatif jauh antara lain tubuh pegal dan sakit kepala.

"Hari ini, ada lima orang yang datang (ke Posko Pelayanan Kesehatan). Rata-rata badannya pegal-pegal dan sakit kepala. Ada yang mau berangkat juga (mudik)," kata dia.

Annissa menjelaskan, beristirahat dapat membantu mengurangi keluhan pegal. Selain itu, pasien pegal bisa melakukan kompres dingin atau kompres menggunakan suhu rendah dari es.

Sementara untuk mengatasi keluhan sakit kepala, sambung dia, pasien bisa meminum obat pereda nyeri yang dibeli di apotek tanpa resep dokter.

Posko pelayanan kesehatan selain tersedia di Stasiun Pasar Senen juga terdapat di Stasiun Gambir.

Posko ini disiapkan oleh puskesmas dan Pusat Krisis Dan Kegawatdaruratan Kesehatan Daerah (PK3D) DKI Jakarta pada 5 April-16 April 2024.

Menurut Annissa, posko pelayanan kesehatan di Stasiun Pasar Senen beroperasi sejak pagi hingga pukul 14.00 WIB.

Biasanya, ada tiga tenaga kesehatan yang bertugas yakni terdiri dari satu orang dokter, satu orang perawat dan satu orang pengemudi ambulans.

"Ada pemeriksaan tekanan darah (di posko pelayanan kesehatan). Ada tadi dari Dinas Perhubungan, pemeriksaan gula, kolesterol dan asam urat hingga jam 11.00 WIB," kata Annissa.

 

Penumpang tiba

Sementara itu, pada H+5 Lebaran ini, Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan terdapat sekitar 47.613 pengguna kereta api yang tiba di Stasiun Pasar Senen dan Gambir.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 18.500 orang turun di Stasiun Pasar Senen, 15.000 penumpang turun di Stasiun Gambir, 5.600 penumpang di Stasiun Bekasi, 4.650 penumpang di Stasiun Jatinegara dan sisanya turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Adapun penumpang yang berangkat pada Senin ini berjumlah sekitar 34.000 dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Ixfan merinci dari angka tersebut terdapat sekitar 21.500 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 38 KA yang beroperasi.

Sementara untuk Stasiun Gambir,  volume penumpang berangkat Senin ini mencapai sekitar 12.500 dengan layanan 41 KA beroperasi.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement