Kamis 23 Nov 2023 16:03 WIB

Makanan yang Diklaim tak Bikin Berat Badan Naik Meski Dimakan Larut Malam

Ada tiga pilihan makanan yang aman untuk dikonsumsi pada malam hari.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Ada tiga pilihan makanan yang aman untuk dikonsumsi pada malam hari tanpa mengganggu berat badan atau kesehatan secara keseluruhan.
Foto: www.freepik.com
Ada tiga pilihan makanan yang aman untuk dikonsumsi pada malam hari tanpa mengganggu berat badan atau kesehatan secara keseluruhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah penelitian baru menyoroti, bukan hanya jenis makanan yang dikonsumsi, tapi juga waktu makan juga memegang peran penting bagi kesehatan. Aktivitas makan larut malam telah dikaitkan dengan peningkatan tingkat obesitas.

“Kami menemukan bahwa makan empat jam kemudian memberikan perbedaan yang signifikan pada tingkat rasa lapar, cara kita membakar kalori setelah makan, dan cara kita menyimpan lemak,” kata seorang peneliti di Program Kronobiologi Medis di Rumah Sakit Brigham and Women's, Nina Vujović, dilansir Best Life, Kamis (23/11/2023).

Baca Juga

Melihat dampak negatif dari makan malam yang terlalu larut, dokter naturopati, Janine Bowring memberikan saran kepada publik melalui TikTok. Berdasarkan pengetahuannya, ada tiga pilihan makanan yang aman untuk dikonsumsi pada malam hari tanpa mengganggu berat badan atau kesehatan secara keseluruhan.

Bowring menyoroti bahwa sebaiknya menghindari makan malam, tetapi dia merekomendasikan untuk memilih camilan dengan bijak. Apa saja yang dimaksud?

 

1. Kacang-kacangan

Bowring merekomendasikan makan segenggam kecil kacang-kacangan, seperti almond, kacang macadamia, atau hazelnut. Kacang-kacangan ini mengandung protein dan lemak sehat yang dapat memberikan rasa kenyang, sehingga Anda tidak merasa lapar sebelum tidur. Menurut Mayo Clinic, konsumsi kacang-kacangan secara teratur dapat mendukung kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes, karena kemampuannya menurunkan tingkat peradangan.

2. Biji-bijian

Pilihan lain yang disarankan adalah biji-bijian, seperti tahini atau biji bunga matahari. Mereka memiliki profil nutrisi yang mirip dengan kacang-kacangan, kaya akan serat, lemak sehat, protein, serta vitamin penting. Biji-bijian ini juga kaya akan mineral yang dapat mendukung tidur dan kesehatan secara keseluruhan.

3. "Susu emas"

Bowring menyarankan minuman yang disebut "susu emas" sebagai pilihan minuman malam favoritnya. "Susu emas" terdiri atas campuran susu nabati, kunyit, dan rempah-rempah lainnya. Minuman ini dapat memberikan manfaat tidur yang nyenyak. Kunyit memiliki sifat antiinflamasi yang kuat dan merupakan sumber antioksidan.

Meskipun ada pilihan makanan yang dapat dikonsumsi pada malam hari, Bowring menyarankan untuk menghindari ngemil sebelum tidur demi mendukung kesehatan dan manfaat tidur yang optimal.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement