Kamis 23 Nov 2023 14:05 WIB

Artis Indonesia Meninggal Ketika Sedot Lemak, Seberapa Bahaya Prosedur Tersebut?

Sedot lemak dilakukan pada area tubuh di mana timbunan lemak cenderung menumpuk.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Dokter bersiap untuk melakukan tindakan sedot lemak (ilustrasi). Sedot lemak merupakan prosedur bedah kosmetik yang digunakan untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan.
Foto: Dok. Freepik
Dokter bersiap untuk melakukan tindakan sedot lemak (ilustrasi). Sedot lemak merupakan prosedur bedah kosmetik yang digunakan untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kabar duka datang dari industri hiburan Indonesia. Aktris Nanie Darham yang membintangi film Air Terjun Pengantin dikabarkan meninggal dunia pada Oktober 2023, saat menjalani operasi sedot lemak di sebuah klinik kecantikan. 

Apa itu sedot lemak dan bagaimana cara kerjanya? Situs resmi Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) menjelaskan, sedot lemak merupakan prosedur bedah kosmetik yang digunakan untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan. 

Baca Juga

Prosedur itu melibatkan penyedotan sebagian kecil lemak yang sulit dihilangkan melalui olahraga dan diet sehat. Lazimnya, sedot lemak dilakukan pada area tubuh di mana timbunan lemak cenderung menumpuk, seperti di pantat, pinggul, paha, atau perut.

Jika sedot lemak atau liposuction dilakukan untuk alasan bedah kosmetik, maka tujuannya adalah untuk mengubah bentuk tubuh. Namun, terkadang prosedur ini digunakan juga untuk mengobati kondisi kesehatan tertentu, seperti limfedema dam lipoedema.

Limfedema merupakan kondisi jangka panjang yang menyebabkan pembengkakan di lengan dan kaki. Sementara, lipoedema adalah suatu kondisi di mana terdapat penumpukan lemak yang tidak normal di kaki, pantat dan paha.

"Jika Anda hendak melakukan sedot lemak karena alasan kosmetik, pikirkan baik-baik sebelum melanjutkan. Biayanya mungkin mahal, hasilnya tidak dapat dijamin, dan ada risiko yang perlu dipertimbangkan," kata NHS, seperti dikutip dari laman www.nhs.uk, Kamis (23/11/2023).

Prosedur sedot lemak biasanya dilakukan dengan anestesi umum, meskipun anestesi epidural dapat digunakan untuk sedot lemak pada bagian bawah tubuh. Dokter bedah akan menandai di tubuh pasien, pada area di mana lemak akan dihilangkan.  

Kemudian, area itu disuntik dengan larutan yang mengandung anestesi dan obat-obatan, untuk mengurangi kehilangan darah, memar, dan bengkak. Dokter lantas memecah sel-sel lemak menggunakan getaran frekuensi tinggi, weak laser pulse, atau water jet bertekanan tinggi.

Tindakan berikutnya yakni membuat potongan kecil dan memasukkan tabung hisap yang terpasang pada mesin vakum. Kemungkinan, perlu dilakukan beberapa pemotongan jika areanya besar. Kemudian, tabung penghisap digerakkan maju mundur untuk mengendurkan lemak dan menyedotnya keluar.

 

Menguras kelebihan cairan...lanjutkan membaca>>

 

sumber : NHS
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement