Kamis 02 Nov 2023 14:18 WIB

Yoo Ah-in Didakwa 181 Kali Pakai Propofol dan 44 Kali Konsumsi Obat Tidur Ilegal

Aktor Yoo Ah-in menghadapi sejumlah tuduhan serius terkait skandal narkoba.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Aktor Korea Selatan Yoo Ah-in. Yoo Ah-in menghadapi sejumlah tuduhan serius terkait skandal narkoba.
Foto: EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA OUT
Aktor Korea Selatan Yoo Ah-in. Yoo Ah-in menghadapi sejumlah tuduhan serius terkait skandal narkoba.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tuduhan penggunaan obat-obatan yang menghantui aktor asal Korea Selatan, Yoo Ah-in, terungkap dalam dakwaan. Laporan eksklusif dari Munhwa Ilbo mengungkapkan rincian dakwaan yang dihadapi bintang serial “Hellbound” (2021) itu.

Dilansir Koreaboo pada Kamis (2/11/2023), aktor ini dihadapkan pada sejumlah tuduhan serius termasuk upaya menghancurkan bukti, penipuan, pelanggaran Undang-undang Medis, dan penyalahgunaan narkoba. Menurut surat dakwaan, aktor kelahiran 6 Oktober 1986 itu didakwa memberikan total 9,6 liter propofol dalam 181 sesi terpisah di 14 rumah sakit berbeda selama dua tahun terakhir, dimulai dari September 2020.

Baca Juga

Dalam dakwaan tersebut, tercatat bahwa Yoo Ah-in juga menggunakan 567 miligram Midazolam, 10,7 mililiter Ketamine, dan 200 miligram Remimazolam. Selain itu, bintang film #Alive (2020) itu didakwa memperoleh 1.150 obat tidur secara ilegal melalui 44 transaksi terpisah dengan menggunakan nama orang lain.

Tidak hanya itu, Yoo Ah-in juga dituduh melakukan upaya untuk mengurangi dampak perbuatannya dengan mengirimkan pesan kepada kenalannya yang berbunyi, "Jangan percaya polisi". Aktor yang memiliki nama lahir Eom Hong-shik itu juga didakwa mencoba memaksa orang lain untuk menggunakan narkoba bersamanya dengan maksud menyembunyikan fakta bahwa dia menggunakan ganja.

 

Dalam dakwaan itu disebutkan bahwa Yoo Ah-in memberi saran kepada seorang YouTuber dengan kata-kata, "Kamu juga harus mencobanya sekali" dan “Mencobanya lebih lagi” setelah YouTuber tersebut menyaksikan Yoo Ah-in menggunakan ganja.

Selain Yoo Ah-in, ada selebritas lain yang sedang menghadapi penahanan atau penyelidikan terkait kasus narkoba. Beberapa di antaranya telah menjadi sasaran penyelidikan polisi atas dugaan penggunaan narkoba. Siapa saja mereka?

1. Idola "B" dan penyanyi "C":

Polisi Incheon baru-baru ini mendakwa seorang idola dan penyanyi wanita karena dugaan penggunaan narkoba. Kedua wanita ini juga dilaporkan telah menikah dengan selebritas, meskipun identitas mereka belum diungkapkan. Polisi sedang menyelidiki kasus ini dan belum memberikan rincian lebih lanjut.

2. Lee Sun-kyun

Berita Korea melaporkan seorang bintang, "L" dilaporkan menggunakan narkoba, sebelum polisi mengkonfirmasi bahwa "L" adalah aktor Lee Sun-kyun. Lee Sun-kyun diduga menggunakan narkoba di klub, dan telah diperas oleh manajer tempat tersebut terkait uang narkoba.

3. G-Dragon Bigbang

Pada akhir Oktober 2023, dilaporkan bahwa G-Dragon Bigbang dterseret tuduhan penyalahgunaan narkoba. Laporan tersebut berasal dari skandal Lee Sun-kyun. Setelah pengumuman ini, YG Entertainment lepas tangan dari artis tersebut, bahkan Chanel juga mengeluarkan pernyataan mereka sendiri. Perlu dicatat bahwa daftar ini tidak mencakup mereka yang hanya dituduh menggunakan narkoba dan membantah tuduhan tersebut, seperti Chaewon Le Sserafim dan Soyeon (G)I-dle.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement