Senin 26 Feb 2024 14:57 WIB

Kematian Aktor Lee Sun-Kyun Dikenang di Ajang SAG Awards Hollywood

Para aktor Hollywood mengenang kematian aktor Korea Selatan Lee Sun-kyun.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Foto aktor Korea Selatan, Lee Sun-kyun. jang Screen Actors Guild Awards (SAG) ke-30 mengenang kematian aktor Korea Selatan, Lee Sun-kyun.
Foto: EPA-EFE/YONHAP SOUTH KOREA
Foto aktor Korea Selatan, Lee Sun-kyun. jang Screen Actors Guild Awards (SAG) ke-30 mengenang kematian aktor Korea Selatan, Lee Sun-kyun.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Ajang Screen Actors Guild Awards (SAG) ke-30 mengenang kematian aktor Korea Selatan, Lee Sun-kyun. Pada acara yang digelar di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), pada Sabtu (24/2/2024).

SAG menyisipkan sebuah video retrospektif yang mengabadikan momen-momen penting dalam karier para aktor yang telah tiada, termasuk Lee Sun-kyun yang memainkan peran penting di film Parasite. Salah satu pembawa acara, aktris Naomi Watts mengungkapkan rasa duka atas kehilangan para aktor hebat tersebut dalam pidatonya.

Baca Juga

"Tahun lalu, kami kehilangan banyak aktor luar biasa. Absennya orang-orang yang menyentuh dunia dengan bakat mereka sangat terasa,” kata Watts, dilansir All K-pop, Senin (26/2/2024).

Penghargaan Screen Actors Guild Awards dianggap sebagai salah satu ajang penting bagi para aktor di industri film dan TV Amerika Serikat. Penghargaan ini sering dianggap sebagai prediktor utama untuk Academy Awards, Golden Globes, dan BAFTA.

Mendiang Lee Sun-kyun sebelumnya telah meraih Ensemble Award pada upacara penghargaan tahun 2020, bersama rekan mainnya di film Parasite. Saat itu, dia merayakan kegembiraan bersama Song Kang-ho, Choi Woo-shik, Park So-dam, dan Lee Jung-eun di atas panggung setelah karya mereka memenangkan penghargaan tersebut.

Namun, tragedi menimpa dunia perfilman Korea Selatan ketika mendiang Lee Sun-kyun ditemukan tewas di mobilnya pada 23 Desember tahun lalu. Sebelum kematiannya, Lee Sun-kyun telah didakwa atas berbagai tuduhan penggunaan ganja pada Oktober dan sedang menjalani proses penyelidikan polisi.

Kepergiannya meninggalkan kesedihan mendalam bagi industri perfilman Korea Selatan dan komunitas perfilman internasional. SAG mengenang Lee Sun-kyun tidak hanya sebagai seorang aktor berbakat, tetapi juga individu yang memberikan kontribusi berarti bagi dunia perfilman dengan perannya yang menginspirasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement