Rabu 01 Nov 2023 04:04 WIB

Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata, Kejadian Aslinya Ada yang Hingga Menyebabkan Kematian

Dari banyaknya film horor, ada sebagian yang diangkat dari kisah nyata.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film The Conjuring 2. Ini merupakan salah satu film yang diangkat dari kisha nyata.
Foto: Warner Bros Pictures.
Salah satu adegan dalam film The Conjuring 2. Ini merupakan salah satu film yang diangkat dari kisha nyata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di industri perfilman, ada banyak jenis film horor yang diproduksi. Namun hanya beberapa film yang diangkat dari kisah nyata.

Berikut ini lima film horor yang berdasarkan kisah nyata seperti dilansir People, Selasa (31/10/2023):

Baca Juga

1. The Amityville Horror

photo
The Amityville Horror poster - (fiz-x.com)

 

 

Meskipun masih ada perdebatan besar mengenai benar atau tidaknya dugaan peristiwa paranormal yang terjadi di 112 Ocean Ave di Amityville, namun pembunuhan yang menyebabkan cerita tersebut ditulis memang benar adanya. Pada 13 November 1974, Ronald Joseph DeFeo Jr yang berusia 23 tahun bangun di tengah malam dan menembak mati seluruh keluarganya. Menurut Syfy, dia kemudian berlari ke bar terdekat untuk melaporkan kejahatan tersebut dan awalnya mencoba menyalahkan orang lain sebelum dia mengaku melakukan pembunuhan itu sendiri.

Setelah DeFeo Jr dikirim ke penjara, rumah keluarga tersebut dipasarkan setahun kemudian. Saat itulah George dan Kathleen Lutz pindah bersama ketiga anak mereka.

Keluarga Lutz kemudian melaporkan serangkaian aktivitas paranormal yang terjadi di rumah tersebut yang merupakan asal mula kisah The Amityville Horror. Rupanya, hantu yang dihantui sangat parah sehingga mereka harus kabur dari rumah di tengah malam hanya sebulan setelah mereka pindah.

2. A Nightmare on Elm Street

photo
Film Nightmare on Elm Street. - (New Line Cinema.)

 

Konsep Freddy Kruger muncul di benak sutradara A Nightmare on Elm Street Wes Craven setelah dia membaca artikel tentang seorang anak laki-laki yang meninggal dalam tidurnya setelah menderita teror malam.

“Saya pernah membaca artikel di LA Times tentang sebuah keluarga yang melarikan diri dari 'Ladang Pembunuhan' di Kamboja dan berhasil sampai ke AS. Semuanya baik-baik saja lalu tiba-tiba anak laki-laki itu mengalami mimpi buruk yang sangat mengganggu. Dia mengatakan kepada orang tuanya bahwa dia takut jika tidur makhluk yang mengejarnya akan menangkapnya, jadi dia mencoba untuk tetap terjaga selama berhari-hari,” katanya kepada Vulture pada tahun 2014.

Saat dia akhirnya tertidur, orang tuanya mengira krisis ini sudah berakhir. Kemudian mereka mendengar jeritan di tengah malam. Saat mereka sampai di sana, dia sudah meninggal. Dia meninggal di tengah mimpi buruk.

3. The Conjuring

photo
Salah satu adegan dalam film The Conjuring - ()

 

Pembuat film mengambil kebebasan kreatif saat membuat The Conjuring. Meski begitu, inti cerita ini didasarkan pada kehidupan nyata Roger dan Carolyn Perron yang pindah ke Round Top Road di Rhode Island pada tahun 1971 dan mengalami beberapa aktivitas paranormal di rumah.

Meskipun penyelidik paranormal Ed Warren dan istrinya Lorraine Warren memainkan peran besar dalam film tersebut, mereka tidak merupakan bagian dari kisah The Conjuring dalam kehidupan nyata. Faktanya, menurut The Providence Journal, Roger Perron mengusir mereka dari rumah ketika mereka lewat. Film ini didasarkan pada buku yang ditulis oleh Andrea Perron, putri tertua pasangan tersebut, yang sudah cukup umur untuk mengingat kejadian seram.

Nomor 4..lanjutkan membaca>>

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement