Jumat 22 Sep 2023 23:06 WIB

Andmesh Kamaleng Rilis Album Baru Cinta Dan Doa, Soroti Keberagaman Indonesia

Album baru Andmesh Kamaleng Cinta Dan Doa terdiri atas 13 lagu.

Rep: Meiliza Laveda / Red: Qommarria Rostanti
Penyanyi Andmesh Kamaleng di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Jumat (22/9/2023).
Foto: Republika/Meiliza laveda
Penyanyi Andmesh Kamaleng di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Jumat (22/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Andmesh Kamaleng meluncurkan album kedua yang diberi judul Cinta Dan Doa. Album tersebut berisi keresahan yang dialami Andmesh akan banyaknya isu dan oknum yang memanfaatkan keberagaman budaya Indonesia menjadi sesuatu yang negatif.

"Alangkah indah dan elok jika kebinekaan yang kita punya justru menjadi landasan kita untuk saling mencintai dan mendoakan hingga tercapai hidup damai yang saling berdampingan," kata Andmesh di Jakarta Pusat, Jumat (22/9/2023).

Baca Juga

Cinta Dan Doa berisikan 13 lagu yang berisi lagu baru dan lagu telah dirilis. Album berisi lagu "Untukmu Gadisku Pelukis Pilu", "Selamanya Untukku", "Berharap Pada Cinta Yang Salah", "Takalu Sakit", "Cinta dan Doa", "Bisa tanpamu", "Luka", "Anugerah Terindah", "Putus Tapi Cinta", "Ego", "Tiba Tiba", dan "Andaikan Kau Datang".

Sebagian besar lagu yang ada di album diciptakan oleh Andmesh. Penggarapannya dibantu oleh sejumlah nama besar seperti Irwan 'Opung' Simanjuntak, Andi Rianto, Ari Renaldi, Kamga Mo, dan Faisal Resi.

Resi merupakan sosok di balik lagu fenomenal, "Cinta Luar Biasa". Sebagai anak yang lahir dari NTT, dia juga ingin menunjukkan rasa cinta dan kasih sayangnya terhadap tanah kelahiran.

"Dalam album ini, Ame mengajak Ria Laore, salah satu penyanyi asal Alor, NTT untuk berduet. Ame sangat mendukung segala kegiatan yang dapat membangun dan membuat anak-anak NTT maju. Salah satunya dengan membuat lagu 'Selamanya Untukku'," ujarnya.

Hal menarik lain yang terdapat di album adalah mengisahkan kisah hidup tetangganya yang merupakan seorang ojek online  (ojol). Dia menganggap perjuangan ojol itu patut mendapatkan apresiasi darinya. 

Musisi asal Kupang, NTT, ini mengaku sangat salut akan semangat yang dimiliki ojol yang terus berjuang untuk menghidupi keluarganya. Bagi Andmesh, itulah yang dinamakan cinta. Tidak pernah menyerah untuk memberikan yang terbaik.

“Lagu 'Kita Dan Doa', itu Ame persembahkan untuk bapak driver online tetangga Ame. Meskipun dia sering mengeluh seperti kekurangan pelanggan atau kebutuhan hidup yang tinggi tapi bapak ini tidak pemah menyerah dan terus berjuang untuk keluarganya. Bagi Ame, ini lah sebenar-benarnya cinta" kata dia.

Andmesh berharap dengan dirilisnya album Cinta Dan Doa ini, membuat orang orang semakin dapat menghargai perbedaan dan dapat saling mencintai dan mendoakan “Harapan Ame agar semua orang khususnya di Indonesia dapat hidup aman, dama', dan sejahtera. Yang paling pasti, semoga hati Ame dan juga hati orang orang yang mendengarkan album Ame bisa menjadi bahagia," kata dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement