Jumat 21 Jul 2023 20:03 WIB

Sherina Bikin 7 Lagu Baru untuk Petualangan Sherina 2

Dari 7 lagu yang disiapkan, 3 di antaranya sudah diperdengarkan sekilas di trailer.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Sherina Munaf (kanan) dan Derby Romero (kiri) dalam peluncuran poster dan trailer Petualangan Sherina 2 di XXI Epicentrum Jakarta, Kamis (20/7/2023). Sherina menyiapkan tujuh lagu untuk film ini.
Foto: Republika/Rahma Sulistya
Sherina Munaf (kanan) dan Derby Romero (kiri) dalam peluncuran poster dan trailer Petualangan Sherina 2 di XXI Epicentrum Jakarta, Kamis (20/7/2023). Sherina menyiapkan tujuh lagu untuk film ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sherina Munaf dipercaya menjadi penata musik dalam film terbarunya Petualangan Sherina 2. Ia juga menyiapkan tujuh lagu baru untuk film tersebut. Tiga di antaranya sudah diperdengarkan sekilas dalam trailer.

“Ada tujuh lagu baru. Seru banget selama prosesnya,” ucap Sherina dalam peluncuran poster dan trailer Petualangan Sherina 2 di XXI Epicentrum Jakarta, Kamis (20/7/2023).

Baca Juga

Meskipun genre musik masa kini sudah beragam, Sherina mengaku tidak terpengaruh akan hal itu. Apalagi lagu-lagu yang dibuatnya ini merupakan kolaboratif, serta harus mendukung ceritanya itu sendiri dan dinyanyikan oleh para pemain.

“Lagu ini harus bisa ikut bercerita, jadi lagu ini men-support majunya cerita yang ada di skrip. Maka dari itu, rambu-rambunya adalah itu dulu. Dari skrip, situasi, dan perasaan karakternya, kira-kira bunyinya gimana ya ketika harus dibunyikan,” kata Sherina.

Sherina tidak memikirkan genre tertentu untuk membuat lagunya, dan pada akhirnya semua lagu itu keluar mengalir begitu saja, mulai dari tempo hingga rasa. Apalagi naskahnya sudah menggambarkan cerita yang terasa cocok dengan upbeat, energik, nostalgia, dramatik, atau longing.

“Semua udah berasa dari ceritanya. Jadi aku sangat kebantu sebenernya, ini pengalaman menulis yang sangat menyenangkan buat akukarena sangat saling mengawini skrip dengan musiknya,” ujarnya.

Meskipun saat membuat lagu-lagu ini, sering juga Sherina mengalami stuck dan teringat dengan Elfa Secioria yang menggarap lagu-lagu Petualangan Sherina. Kini, Sherina harus menyelaraskan musiknya dengan film pertama, dan melanjutkan legacy dari sang guru.

Bagi Sherina, proyek ini merupakan pengalaman pertamanya, menciptakan lagu berdasarkan sebuah situasi cerita. Karena biasanya ia membuat lagu dari pengalaman-pengalaman banyak orang, digali lebih dalam, rambu-rambunya lebih lepas, lalu jadi lah sebuah lirik dan nada.

“Malah sekarang aku agak takut kalau bikin yang kayak gitu, karena buat aku, ini lebih menyenangkan aja gitu buat lagu dengan proses seperti ini. Aku senang kalau aku bisa nyaris meneruskan legacy beliau (Elfa Secioria),” kata Sherina.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement