Jumat 21 Jul 2023 16:50 WIB

Oppenheimer Dapat Rating Fantastis, Kalahkan Film Batman The Dark Knight

Oppenheimer memiliki rating tertinggi di antara film Christopher Nolan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film Oppenheimer. Oppenheimer mendapatkan rating 97 persen di Rotten Tomatoes. Angka ini lebih tinggi dari film The Dark Knight.
Foto: Dok Universal Pictures
Salah satu adegan dalam film Oppenheimer. Oppenheimer mendapatkan rating 97 persen di Rotten Tomatoes. Angka ini lebih tinggi dari film The Dark Knight.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua film bertabur bintang hadir di bioskop Indonesia yakni Barbie dan Oppenheimer. Dilansir laman Movieweb pada Kamis (20/7/2023), Oppenheimer memperoleh rating 97 persen di Rotten Tomatoes. 

Film tersebut  tidak hanya melampaui film Barbie yang memiliki rating 89 persen, tetapi juga menjadi karya sutradara Christopher Nolan dengan ulasan terbaik hingga saat ini. Film Nolan sebelumnya, The Dark Knight, menempati posisi teratas di agregator ulasan dengan 94 persen.

Baca Juga

Oppenheimer yang baru-baru ini dirilis juga mengalahkan film Tenet milik Nolan yang dirilis pada 2022 dengan rating 69 persen. Film ini juga melampaui mahakarya Nolan lainnya, mulai dari Memento dan Dunkirk hingga The Dark Knight Rises dan Interstellar.

Kekuatan film ini tidak hanya terletak pada jumlahnya tetapi juga narasi substantifnya, yang ditegaskan oleh kritik mendalam dari para kritikus seperti Patrick Cavanaugh dari Comic Book. Cavanaugh memuji Oppenheimer sebagai penyelaman mendalam ke repertoar intelektual Nolan.

Dia menggambarkan film tersebut sebagai “representasi universal dari perjuangan manusia” yang tidak hanya mengandalkan mereka, tetapi mengintegrasikan kritik bernuansa mekanisme perang global. Menurut Cavanaugh, kecemerlangan film tersebut berasal dari aktualitasnya.

Meskipun berlatar 70 tahun yang lalu, eksplorasi film tentang ketegangan geopolitik dan arahan pemerintah yang terus berkembang terasa sangat relevan dengan masa sekarang kita. Melanjutkan penghargaannya untuk film tersebut, Cavanaugh memuji Nolan karena dengan ahli menavigasi bab sejarah yang sering diabaikan dengan “nuansa dan rasa hormat”.

Dia memuji penolakan sutradara terhadap jebakan melodramatis dan merayakan film tersebut sebagai penghargaan. Tidak hanya untuk perintis ilmiah tetapi juga untuk mereka yang menanggung akibat dari pengejaran terobosan mereka.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement