Senin 10 Jul 2023 07:04 WIB

Fakta Jackie Chan: Pernah tak Punya Baju Hangat Hingga Jadi Aktor Laga Top Dunia

Sewaktu kecil, Jackie Chan sering tak memiliki baju untuk membuatnya merasa hangat.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Aktor laga Jackie Chan. Selain perjalanan karier yang luar biasa, Chan juga memiliki kisah hidup yang sangat menarik.
Foto: EPA/BALAZS MOHAI HUNGARY OUT
Aktor laga Jackie Chan. Selain perjalanan karier yang luar biasa, Chan juga memiliki kisah hidup yang sangat menarik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengaruh aktor Jackie Chan dalam industri perfilman dunia tampaknya sulit untuk disaingi. Dengan jumlah karya yang tak terhitung hingga keterampilan seni bela diri yang luar biasa, tak heran bila Chan menjadi ikon global film action hingga saat ini.

Selain perjalanan karier yang luar biasa, Chan juga memiliki kisah hidup yang sangat menarik. Dia memulai kehidupannya dari bawah dan sempat menghadapi masa-masa sulit di usia muda. Namun kini, Chan tak hanya berhasil menjadi aktor yang sukses tetapi juga seorang investor dan filantropis.

Baca Juga

Oleh karena itu, Chan dinilai layak untuk disebut sebagai salah satu aktor paling memukau di dunia. Berikut ini adalah 10 fakta menarik mengenai Chan yang dapat membuktikan kelayakan tersebut, seperti dilansir MovieWeb:

1. Masa muda yang menantang

Pria kelahiran Hong Kong pada 1954 ini memiliki masa kecil yang sangat sulit. Orang Tua Chan melarikan diri dari Perang Sipil Cina ke wilayah Hong Kong Britania karena takut ditahan oleh pemerintah komunis. Orang tua Chan lalu pindah ke Canberra, Australia, ketika Chan berusia enam tahun. Namun di tahun berikutnya, Chan dikirim ke Hong Kong untuk menempuh pendidikan di China Drama Academy.

Chan mengungkapkan bahwa masa-masa itu sangat sulit, karena dia kerap tak mendapatkan makan yang cukup. Dia pun sering kali tak memiliki baju untuk membuatnya tetap merasa hangat. Namun, di momen inilah Chan mulai berlatih seni bela diri dengan sangat tekun. Lalu di usia delapan tahun, Chan berhasil mendapatkan peran pertamanya di sebuah film. Memasuki usia remaja, Chan mulai menekuni karier sebagai aktor cilik.

2. Bisnis dan investasi

Pada era 2000-an, Chan sempat beralih dari dunia akting ke dunia bisnis dengan meluncurkan restoran sushi dan kedai kopi. Restoran milik Chan memiliki cabang di Korea Selatan, Hong Kong dan Hawaii. Sedangkan kedai kopi milik Chan beroperasi di Filipina, Singapura, dan Cina.

Sayangnya, perkembangan restoran dan kedai kopi milik Chan tidak berjalan sesuai harapan. Akan tetapi, Chan berhasil mendapatkan pemasukan yang menjanjikan dari beragam investasi dan usaha lain. Chan juga cukup aktif menjadi brand ambassador untuk sejumlah perusahaan dan memiliki jejaring bioskop sendiri di Cina bernama Jackie Chan Cinema.

3. Amal dan filantropi

Chan juga dikenal sebagai sosok yang sangat dermawan dan aktif melakukan beragam kegiatan amal dan filantropi. Salah satunya adalah membangun Jackie Chan Charitable Foundation pada 1988 untuk membantu para generasi muda di Hong Kong melalui beasiswa. Yayasan tersebut juga memberikan bantuan kepada masyarakat dalam bentuk layanan kesehatan dan dukungan untuk pemulihan pascabencana.

Selain itu, Chan juga mendirikan Dragon's Heart Foundation yang berfokus pada penyaluran bantuan untuk anak-anak dan lansia di wilayah terpencil Cina. Chan juga kerap memberikan sumbangan dalam jumlah besar untuk membantu beragam komunitas hingga korban bencana. Chan bahkan akan mendonasikan semua kekayaannya untuk amal setelah dia meninggal dunia.

4. Menguasai tujuh bahasa

Selain fasih berbahasa Kanton, Chan juga bisa berbicara dengan lancar dalam tujuh bahasa lain, termasuk Mandarin, Inggris, dan Jepang. Kemampuan berbahasa asing ini memungkinkan Chan untuk berkomunikasi dengan efektif dengan orang-orang dari berbagai latar budaya di seluruh dunia.

Kemampuan berbahasa asing Chan juga sangat membantunya untuk menjadi ikon global. Di sisi lain, kemampuan linguistik yang luar biasa dari Chan juga menjadi aset yang berharga dalam industri hiburan.

5. Mampu bernyanyi opera dan cantopop

Tak hanya pandai beradu peran, Chan juga merupakan musisi dan penyanyi yang bertalenta. Chan bahkan sempat menjadi salah satu anggota penyanyi opera di China Drama Academy. Chan juga telah merilis lebih dari 20 album yang memuat lagu-lagu berbahasa Kanton, Mandarin, Jepang, Taiwan, dan inggris.

Nyanyian Chan pun bisa didengar dalam film animasi Mulan dari Disney. Dalam film tersebut, Chan merupakan pengisi suara untuk karakter Jenderal Li Shang dalam versi bahasa Kanton dan Taiwan. Di film ini, Chan turut menyanyikan lagi Disney klasik "I'll Make a Man Out of You".

6. Berani lakukan aksi laga

Chan merupakan salah satu aktor laga terbaik sepanjang masa. Tak terhitung banyaknya aksi laga menegangkan yang dia lakukan sendiri dalam berbagai film yang dia bintangi.

Untuk melakukan beragam aksi laga tersebut, Chan membuat tubuhnya bekerja sangat keras dan harus menanggung risiko-risikonya. Sepanjang kariernya sebagai aktor laga, hampir semua tulang di tubuh Chan pernah mengalami patah.

7. Menyayangi panda

Chan dikenal memiliki kepedulian besar terhadap panda. Chan bahkan menjadi ambasador untuk konservasi panda di Cina selama bertahun-tahun. Chan juga pernah mengunjungi beberapa tempat suaka panda dan mengadopsi dua panda besar.

Di samping itu, Chan kerap berbagi video panda melalui beragam platform media sosial. Melalui unggahan-unggahan yang dia buat, Chan juga turut meningkatkan kesadaran warganet mengenai konservasi dan perlindungan panda.

8. Gaya akting unik

Tak banyak aktor yang memiliki ciri khas seunik Chan. Sebagai seorang aktor, Chan mampu mengombinasikan komedi, seni beladiri, dan akrobat dengan cara yang berbeda dari aktor lain. Kemampuan ini memungkinkan Chan untuk menghadirkan tontonan yang memukau sekaligus menghibur.

9. Memegang beberapa rekor dunia

Chan merupakan satu dari sedikit orang yang berhasil memiliki beberapa rekor dunia dari Guinness World Record. Sejauh ini, rekor dunia Chan yang tercatat dalam Guinness World Record adalah "Most Stunts by a Living Actor", "Most Successful Martial Arts Film Star", dan "Most Successful Actor-Stuntman".

10. Karier yang panjang dan popularitas yang abadi

Hingga saat ini, Chan telah membintangi lebih dari 150 film. Chan juga kerap terlibat sebagai sutradara dan produser dalam banyak film. Meski sudah berkarier selama lebih dari 60 tahun, kharisma Chan sebagai aktor tampak tidak pudar.

Hingga saat ini, performa Chan masih dinanti oleh banyak penggemar di berbagai belahan dunia. Beragam festival film juga memberikan pengakuan terhadap karier Chan lewat penghargaan lifetime achievement.

Selain itu, nama Chan juga turut disematkan dalam Hollywood Walk of Fame dan Hong Kong Film Awards Hall of Fame. Kesuksesannya yang berumur panjang di industri hiburan menjadikan Chan sebagai salah satu aktor yang paling dicintai, sukses, serta dihormati di dunia sepanjang masa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement