Jumat 07 Jul 2023 23:13 WIB

Kasur Usang Sumber Penyakit, Pakar Sarankan Ganti Setiap 8 Tahun

Kapan terakhir kali Anda mengganti kasur?

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kamar tidur anak (Ilustrasi). Tidur di atas kasur yang tepat bisa meningkatkan dan memengaruhi kualitas tidur serta mencegah risiko kesehatan serius lainnya.
Foto:

5. Mengganggu kualitas tidur

Kasur yang sudah usang dapat mengganggu kualitas tidur. Anda mungkin akan lebih sering terbangun, merasa tidak nyaman, atau sulit untuk tertidur.

"Kurang tidur memengaruhi kehidupan, dan masalah ini akan menyebabkan siklus negatif gangguan tidur, yang berarti Anda mengaitkan tidur dan tempat tidur dengan frustasi, menyebabkan masalah lebih lanjut," kata Opera Beds.

6. Pegal-pegal dan nyeri

Pegas matras yang kendor dan busa yang ambles dapat menyebabkan berbagai rasa sakit dan nyeri. Kasur yang usang kemungkinan besar tidak akan memberikan fondasi yang dibutuhkan tubuh untuk tidur nyenyak.

"Anda mungkin mendapati diri terbangun dengan rasa sakit, tanpa menyadari mengapa, dan mengira itu karena posisi tidur," kata Opera Beds.

Meskipun membeli matras baru setiap enam sampai delapan tahun adalah cara terbaik untuk menghindari masalah, ada beberapa langkah tambahan yang dapat Anda lakukan. Ahli kebersihan Danielle Mason telah berbagi tips dan trik terbaiknya untuk membantu kasur bertahan lebih lama dan membuat Anda tetap aman.

Tips dari Mason termasuk memvakum debu matras setiap kali mengganti seprai, membersihkan matras dengan uap, menaburkan soda kue, memutar matras dua kali setahun, dan membaliknya setiap tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement