Senin 26 Feb 2024 07:32 WIB

Tekan Risiko Alzheimer, Cobain Trik Ini untuk Tingkatkan Kualitas Tidur

Gangguan pola tidur dapat menjadi tanda awal penyakit Alzheimer.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Susah tidur (Ilustrasi). Menanamkan kebiasaan sehat untuk meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan sangat penting, tak terkecuali untuk cegah Alzheimer.
Foto: Dok. Freepik
Susah tidur (Ilustrasi). Menanamkan kebiasaan sehat untuk meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan sangat penting, tak terkecuali untuk cegah Alzheimer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penelitian gabungan oleh Sleep Health Foundation dan Monash University mengungkap bahwa gangguan pola tidur dapat menjadi tanda awal penyakit Alzheimer. Seiring perubahan kapasitas otak, masalah gangguan tidur dan gejala Alzheimer cenderung meningkat secara bersamaan.

Oleh karena itu, menanamkan kebiasaan sehat untuk meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan sangat penting. Caranya, dengan menciptakan rutinitas waktu tidur yang nyenyak dan konsisten, serta memastikan lingkungan tidur yang nyaman.

Baca Juga

Selain itu, menjaga paparan cahaya alami secara teratur juga memainkan peran penting dalam mengatur jam biologis alami tubuh. Dikutip dari rilisan Monash University Indonesia yang diterima Republika.co.id, menetapkan rutinitas yang mencakup aktivitas fisik secara teratur merupakan faktor penting dalam memperkuat siklus alami tubuh untuk tidur dan bangun setiap harinya.

Aktivitas fisik yang rutin mempengaruhi kualitas tidur dengan berdampak pada suhu tubuh, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi kecemasan. Semua itu meningkatkan faktor-faktor di otak yang berkontribusi terhadap kesehatan otak secara keseluruhan.

 

Sementara itu, potensi musik transformatif juga patut diperhatikan. Mengutip data 2023 World Alzheimer Report, tari poco poco, yakni tarian serupa senam yang berasal dari wilayah Indonesia bagian timur, ternyata mendatangkan manfaat luar biasa dalam membantu pasien demensia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement