Senin 17 Jul 2023 04:33 WIB

6 Trik Tidur Nyenyak Meski Cuaca Panas

Banyak orang tak bisa mendapatkan tidur yang berkualitas saat cuaca panas.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Cuaca yang panas dan lembap dapat membuat orang-orang sulit untuk tidur nyenyak di malam hari./ilustrasi
Foto: flickr
Cuaca yang panas dan lembap dapat membuat orang-orang sulit untuk tidur nyenyak di malam hari./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Cuaca yang panas dan lembap dapat membuat orang-orang sulit untuk tidur nyenyak di malam hari. Tak heran bila banyak orang tak bisa mendapatkan tidur yang berkualitas saat cuaca panas melanda.

Kurang tidur, terlebih jika berlangsung dalam secara terus-menerus, tentu dapat mempengaruhi kondisi kesehatan fisik maupun psikologis seseorang. Oleh karena itu, psikolog dan pakar tidur Nerina Ramlakhan membagikan sejumlah tips agar orang-orang tetap bisa tidur nyenyak di saat cuaca panas. Berikut ini adalah enam tips di antaranya, seperti dilansir Express.

Baca Juga

1.Jangan Tidur Siang

Cuaca yang terik sering kali memunculkan perasaan mengantuk. Meski begitu, hindari tidur siang agar bisa lebih mudah tidur di malam hari.

 

2.Terapkan Rutinitas

Biasakan untuk bangun dan tidur di jam yang sama setiap hari. Rutinitas seperti ini bisa membantu orang-orang untuk lebih mudah tertidur.

 

3.Buat Kamar Menjadi Sejuk

Meski cuaca di luar rumah terasa panas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat kamar tidur tetap sejuk. Salah satu di antaranya adalah dengan memasang tirai pada jendela kamar di pagi hingga sore hari, dan membuka jendela kamar di malam hari.

 

4.Ganti Seprai dan Piyama

Pastikan bahan seprai dan piyama yang digunakan saat cuaca panas terbuat dari katun, ringan, dan menunjang sirkulasi udara. Bila cuaca terasa sangat panas, coba simpan seprai dan sarung bantal di dalam kulkas sebelum jam tidur.

 

5.Mandi Menggunakan Air Dingin

Mandi dengan air dingin bisa membantu menurunkan suhu tubuh. Namun, pastikan air yang digunakan tidak terlalu dingin. Alasannya, mandi dengan air yang terlalu dingin bisa membuat orang-orang merasa segar dan sulit untuk tidur.

 

6.Jaga Hidrasi

Upayakan untuk selalu minum air putih minimal 2 liter per hari atau sesuai dengan kebutuhan. Kurangi pula minuman berkafein agar terhindar dari kesulitan tidur di malam hari. Hidrasi yang baik dan menghindari kafein bisa meningkatkan kualitas tidur. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement