Kamis 16 Feb 2023 22:01 WIB

Kian Beragam, Kreasi Fusion Food dari Makanan Tradisional Makin Digemari

Kreasi fusion food makanan tradisional kini semakin beragam.

Burger rendang, salah satu contoh fusion food yang menggabungkan burger ala barat dengan rendang khas Indonesia.
Foto: dok McDonald's
Burger rendang, salah satu contoh fusion food yang menggabungkan burger ala barat dengan rendang khas Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia kuliner seakan tidak akan pernah habis untuk dibahas. Apalagi, selain memiliki tampilan yang menarik, makanan masa kini juga menggunakan kreasi bumbu dan berbagai bahan.

Salah satu tren dalam dunia kuliner adalah fusion food, yakni konsep penggabungan bahan atau cara masak lebih dari satu budaya. Salah satu makanan hasil fusion adalah burger rendang, percampuran makanan Indonesia rendang dengan burger dari Barat.

Baca Juga

"Menurutku sangat menarik, bisa menikmati kuliner lokal yang disajikan berbeda dengan tampilan yang menarik," ujar salah seorang karyawati swasta, Desi (27 tahun), kepada Antara di Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Media sosial dan internet mempermudah Desi mencari pilihan fusion food. Biasanya, dia tertarik oleh foto-foto makanan dari warung atau restoran yang terpampang di media sosial maupun aplikasi pemesanan makanan. Beberapa fusion food yang suka dia nikmati antara lain adalah sushi burger yang terbuat dari nasi dan burger rendang.

"Iya biasanya lihat dari foto-fotonya kan menarik, lalu mencobanya," katanya.

Hal senada diungkapkan Bambang Susanto. Menurut pria 40 tahun itu, makanan tradisional yang digabungkan dengan jenis masakan lainnya justru menambah minat untuk mencobanya.

"Seperti soto, kan, di Indonesia sudah populer banget dan hampir seluruh daerah punya keunikan masing-masing. Soto isi seafood yang baru saya coba," kata pria yang akrab disapa BS itu.

BS mengatakan kreasi menciptakan fusion food dari makanan tradisional itu juga membuka peluang bisnis di dunia kuliner dalam menarik minat konsumennya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement