Ahad 15 Sep 2019 05:25 WIB

Yummy.. Lezatnya Cokelat Rasa Nasi Uduk

Fenomena fusion food jadi daya tarik tersendiri.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Cokelat warna ungu rasa bajigur. Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com
Cokelat warna ungu rasa bajigur. Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Ceknricek.com -- Fusion food merupakan masakan yang mencampurkan dari dua atau lebih budaya yang berbeda. Tujuannya untuk menciptakan rasa baru supaya lebih menarik minat. 

Fenomena fusion food jadi daya tarik tersendiri. Banyak menu Indonesia yang kembali terangkat namanya setelah digabungkan dengan cita rasa kuliner dari luar, seperti Burger Rendang atau Klepon Cake yang tren.

Academy of Pastry and Culinary Arts (APCA) Indonesia memperkenalkan kuliner tradisional nusantara yang dibalut dengan sentuhan modern. Contohnya varian cokelat yang dipadukan dengan rasa kuliner tradisional. 

“Kekayaan rempah serta bahan khas masakan nusantara yang mudah kita temukan sehari-hari dan mengurangi penggunaan perisa buatan, menjadi alasan pemilihan bahan hidangan cokelat ini,” kata Chef Christian Dewabrata saat demo pembuatan pastry & cake di APCA, Alam Sutera, beberapa waktu lalu. 

cokelat rasa nusantara
Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Bertajuk Archipelago Chocolate, ada empat varian cokelat dari makanan dan minuman khas Indonesia, seperti Wedang Ronde, Rempeyek, Bajigur, dan Nasi Uduk yang dikemas dalam chocolate pralines.

“Chocolate pralines atau permen cokelat awalnya dibuat oleh Chef dari Prancis yang kini semakin banyak divariasikan dari rasanya,” tambah Louis Tanuhadi Director & Executive Chef APCA. 

Baca Juga: 25 Makanan Khas Nusantara Hadir di Festival Kuliner Joglosemar

“Dengan teknik khusus yang digunakan untuk mengekstraksi bahan-bahan menjadi bahan isian atau ganache dari Archipelago Chocolate,” terangnya. 

Berikut ini empat varian chocolate pralines yang rasanya makanan dan minuman nusantara.

Nasi Uduk

cokelat rasa nasi uduk
cokelat warna hijau rasa nasi uduk. Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Bahan-bahan yang digunakan untuk isian atau ganache membuat cokelat pralines dengan santan, sereh, kacang tanah, bawang goreng, dan daun jeruk. 

Rempeyek

cokelat rasa rempeyek
cokelat warna cokelat motif bunga rasa rempeyek. Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Isian cokelat pralines rasa rempeyek ini memakai kacang, dark chocholate, mentega hingga daun jeruk purut.

Wedang Ronde

cokelat rasa wedang
cokelat warna merah rasa wedang ronde. Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Untuk cokelat rasa wedang ronde menggunakan dark chocholate, kayu manis, mentega, cengkeh, serai, jahe merah, dan gula merah.

Bajigur

cokelat rasa bajigur
Cokelat warna ungu rasa bajigur. Foto: Yuni Arta Sinambela/Ceknricek.com

Dan bahan cokelat pralines rasa bajigur diantaranya memakai full cream, susu cokelat, daun pandan, jahe merah, banana crispy hingga gula merah.

BACA JUGA: Cek PARENTING & KIDS, BeritaTerkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement