Senin 20 Jun 2022 09:26 WIB

4 Suplemen Ini tak Bermanfaat untuk Dikonsumsi, Sudah Tercukupi dari Makanan Sehari-hari

Orang dewasa yang sehat umumnya mendapatkan asupan gizinya dari makanan sehari-hari.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Suplemen vitamin (Ilustrasi). Konsumsi suplemen tertentu ternyata tidak dibutuhkan tubuh.
Foto:

Zinc

Mengonsumsi suplemen zinc bisa bermanfaat bagi anak-anak. Akan tetapi, defisiensi zinc pada orang dewasa bukan hal yang umum.

Banyak orang mengonsumsi suplemen zinc untuk mencegah pilek. Menurut analisis terhadap 28 uji klinis terkontrol, efek zinc dalam meringankan gejala pilek adalah nol hingga sedang. Akan tetapi, zinc dapat mempersingkat durasi gejala pilek.

Namun, menurut associate director Graduate Coordinated Program in Dietetics dari University of Washington, Michelle Averill, zinc harus berada di dalam tubuh sebelum terpapar virus bila ingin mendapatkan hasil terbaik. Selain itu, suplemen zinc yang digunakan dalam bentuk semprotan hidung bisa memicu terjadinya kehilangan indra penciuman yang permanen, menurut Mayo Clinic.

Kapan suplemen dibutuhkan?

Meski keempat jenis suplemen ini tak terlalu bermanfaat bila dikonsumsi oleh sebagian besar orang, Laing mengatakan ada beberapa kelompok masyarakat yang membutuhkannya. Misalnya, orang-orang yang terdiagnosis mengalami defisiensi, orang-orang yang pilihan makanannya terbatas karena alergi atau intoleransi, perempuan yang berencana hamil, ibu hamil, bayi, serta orang dengan masalah kesehatan tertentu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement