Senin 02 May 2022 19:50 WIB

Ini Alasan Mengapa Vitamin C tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

Vitamin C harus dikonsumsi sesuai aturan pakai atau dosis yang tercantum di kemasan

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Vitamin C harus dikonsumsi sesuai aturan pakai atau dosis yang tercantum di kemasan produk. (Ilustrasi)
Foto: Flickr
Vitamin C harus dikonsumsi sesuai aturan pakai atau dosis yang tercantum di kemasan produk. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Vitamin C tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena bisa berisiko menimbulkan penyakit batu ginjal. Hal ini diungkapkan dokter yang yang juga Medical Senior Manager Kalbe Consumer Health Helmin Agustina Silalahi.

"Vitamin C berdasarkan beberapa data dinyatakan kalau konsumsi terlalu banyak akan berisiko batu ginjal. Maka jangan dikonsumsi secara berlebihan," kata dia dikutip dari siaran pers belum lama ini.

Baca Juga

Itulah sebabnya vitamin C harus dikonsumsi sesuai aturan pakai atau dosis yang tercantum di kemasan produk. "Vitamin C adalah salah satu vitamin yang larut dalam air, artinya akan diabsorbsi dalam tubuh kita dan kalau sisa akan dibuang. Tapi ada vitamin C terbaru dengan tambahan asam askorbat, bioflavonoid, dan asam lemak," kata Helmin.

Dia menjelaskan tidak semua vitamin C yang terserap dalam tubuh akan dibuang melalui urine. Itu sebabnya konsumsi vitamin C tidak perlu terus-menerus.

"Tubuh kita kan kebanyakan selnya ada lemaknya. Jadi sesuatu kalau ada fat-nya akan terserap dan diikat oleh lemaknya. Kalau vitamin C karena tertahan dalam tubuh kita, maka tidak perlu khawatir, selanjutnya enggak perlu langsung minum lagi dan lagi," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement