Sabtu 11 Jun 2022 19:51 WIB

Selain Justin Bieber, Siapa yang Paling Berisiko Alami Sindrom Ramsay Hunt?

Justin Bieber mengalami sindrom Ramsay Hunt yang melumpuhkan sebelah wajahnya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Justin Bieber ketika menghadiri malam amal The Metropolitan Museum of Art
Foto:

 

Menurut Mayo Clinic, Ramsay Hunt tidak menular. Persoalannya, reaktivasi virus varicella zoster bisa membuat orang yang belum pernah kena atau belum pernah divaksinasi menjadi terinfeksi.

"Jauhi kontak fisik selama lesi cacar air masih ada, terutama dengan orang yang belum pernah kena cacar air atau belum divaksinasi, mereka yang sistem imunnya lemah, bayi baru lahir, dan ibu hamil," jelas Mayo Clinic.

Anak-anak masa kini sudah secara rutin divaksinasi untuk cacar air hingga mengurangi kemungkinan terinfeksi. Vaksin mulai tersedia di AS pada tahun 1995, dan disetujui untuk digunakan di Kanada, tempat Bieber lahir, pada tahun 1998.

Sindrom Ramsey Hunt juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran, telinga berdenging, dan lecet yang menyakitkan di dekat telinga. Ini mempengaruhi sekitar lima dari setiap 100 ribu orang di Amerika Serikat per tahun, menurut Database Penyakit Langka.

Dalam beberapa kasus, berdasarkan catatan Mayo Clinic, kelumpuhan bisa permanen. Meskipun begitu, gejala biasanya sembuh setelah pengobatan dengan obat-obatan seperti obat antivirus dan kortikosteroid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement