Sabtu 11 Jun 2022 19:51 WIB

Selain Justin Bieber, Siapa yang Paling Berisiko Alami Sindrom Ramsay Hunt?

Justin Bieber mengalami sindrom Ramsay Hunt yang melumpuhkan sebelah wajahnya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Justin Bieber ketika menghadiri malam amal The Metropolitan Museum of Art
Foto: Evan Agostini/Invision/AP, File
Penyanyi Justin Bieber ketika menghadiri malam amal The Metropolitan Museum of Art

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bintang pop Justin Bieber telah membuka diri tentang diagnosis sindrom Ramsay Hunt yang dialaminya. Lewat sebuah video yang diunggah di Instagram, penyanyi "Yummy" itu memperlihatkan separuh wajahnya lumpuh akibat sindrom tersebut.

Bieber jadi tak bisa mengedipkan mata kanannya dan sulit untuk tersenyum dengan mulut simetris. Diagnosis tersebut menambah deretan masalah medis Bieber, termasuk penyakit Lyme, Epstein Barr, dan kecemasan kronis.

Baca Juga

Akibat kondisinya ini, Bieber mengumumkan bahwa beberapa jadwal tur konsernya akan ditunda agar bisa fokus pada kesehatannya. Lalu seperti apakah sindrom Ramsay Hunt dan siapa yang paling berisiko mengalaminya?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Justin Bieber (@justinbieber)

 

 

Dilansir laman Insider, Sabtu (11/6/2022), Mayo Clinic menjelaskan bahwa kelumpuhan wajah adalah gejala khas sindrom Ramsey Hunt. Ini terjadi ketika virus yang disebut varicella zoster menginfeksi saraf wajah di dekat salah satu kuping, membuat wajah lumpuh sebelah dan kehilangan pendengaran.

Virus varicella zoster merupakan penyebab cacar air, penyakit yang di kemudian hari dapat menyebabkan herpes zoster, yakni reaktivasi virus setelah seseorang sembuh dari cacar air. Herpes zoster dapat menyebabkan ruam yang menyakitkan gatal pada penyintas cacar air.

Mereka yang pernah kena cacar bisa jadi masih memiliki virus tersisa di dalam tubuhnya dalam fase "tertidur". Virus tersebut bisa aktif kembali ketika sistem imun sedang lemah dan memicu munculnya sindrom Ramsay Hunt.

Sindrom Ramsay Hunt bisa dialami siapapun yang pernah kena cacar air. Biasanya orang yang berusia lebih tua lebih rentan. 

Kasusnya biasanya dialami orang yang berusia 60 tahun ke atas. Sindrom Ramsay Hunt termasuk jarang terjadi pada anak-anak.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement