Sabtu 11 Jun 2022 10:33 WIB

Justin Bieber Tunda Tiga Konser karena Alami Kelumpuhan Wajah

Ramsay Hunt Syndrome membuat wajah Justin Bieber lumpuh sebagian

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Christiyaningsih
Ramsay Hunt Syndrome membuat wajah Justin Bieber lumpuh sebagian. Ilustrasi.
Foto: EPA
Ramsay Hunt Syndrome membuat wajah Justin Bieber lumpuh sebagian. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Justin Bieber baru saja mengunggah sebuah video dalam akun Instagram miliknya yang memperlihatkan kondisi kesehatannya. Ia bercerita sedang mengalami Ramsay Hunt Syndrome dan membuat wajahnya lumpuh sebagian.

“Hai semuanya. Justin di sini. Aku ingin memberi tahu kalian tentang apa yang terjadi,” kata pemenang Grammy yang kini berusia 28 tahun itu, saat memulai video tersebut, Sabtu (11/6/2022).

Dari wajahnya dalam video, tampak jelas Justin hanya bisa mengedipkan mata sebelah kirinya dan juga hanya bisa tersenyum di bagian bibir sebelah kirinya. Ia mengatakan sindrom ini berasal dari virus yang menyerang saraf telinga dan saraf wajah hingga berujung kelumpuhan.

“Seperti yang kamu lihat, mata ini tidak berkedip. Aku tidak bisa tersenyum dengan sisi wajahku ini, lubang hidung ini tidak akan bergerak, jadi ada kelumpuhan total di sisi wajahku ini,” kata Justin melanjutkan sebelum dia mengedipkan mata hanya di sisi sebelah kiri saja.

 

Pelantun "Peaches" itu kemudian menyapa para penggemarnya yang mungkin kecewa atas penundaan penampilannya yang akan datang. Secara fisik ia tidak mampu tampil di atas panggung karena sindrom ini sangat serius dan ia disarankan untuk banyak istirahat.

“Aku berharap ini tidak terjadi, tetapi jelas tubuh memberitahuku bahwa aku harus istirahat, dan aku harap kalian mengerti, dan aku akan menggunakan waktu ini untuk beristirahat dan bersantai. Serta kembali ke performa 100 persen, sehingga aku bisa melakukan apa yang harus kulakukan sejak awal,” kata dia.

“Namun sementara itu, aku harus beristirahat agar wajahku bisa kembali ke tempat yang seharusnya,” ujar dia menambahkan sembari mencoba tersenyum. Ia juga berterima kasih kepada para penggemarnya atas kesabaran untuk menunggunya pulih.

"Aku akan menjadi lebih baik dan melakukan semua latihan wajah ini untuk membuat wajahku kembali normal dan akan kembali normal, ini hanya waktu," katanya.

Perawatan sindrom ini sangat diperlukan dengan segera untuk mengurangi risiko komplikasi, seperti kelemahan otot wajah permanen hingga tuli. Bieber mengatakan tidak tahu berapa lama untuk membuat wajahnya pulih, namun ia memastikan dirinya akan baik-baik saja.

“Aku memiliki harapan dan percaya kepada Tuhan, dan aku percaya bahwa ini semua terjadi untuk suatu alasan, meskipun aku tidak yakin apa itu. Tapi sementara waktu, aku akan istirahat. Aku cinta kalian, peace,” ujar Justin mengakhiri.

Dilansir People pada Sabtu (11/6/2022), awal pekan ini Bieber mengumumkan penundaan tiga pertunjukannya karena penyakit yang tidak terkait dengan Covid. Dua pertunjukan di Arena Scotiabank Toronto dan di Arena Capital One Washington DC, yang masuk dalam rangkaian Justice World Tour 2022-nya, harus dijadwalkan ulang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement