Sabtu 14 Oct 2023 23:14 WIB

Public Figure yang Beri Dukungan ke Israel Lalu Menghapusnya karena Dikecam

Tak semua public figure paham soal konflik berkepanjangan Israel-Palestina.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Penyanyi Justin Bieber. Bieber menjadi salah satu artis yang sempat menyatakan dukungan untuk Israel, namun kemudian menghapusnya.
Foto: Evan Agostini/Invision/AP, File
Penyanyi Justin Bieber. Bieber menjadi salah satu artis yang sempat menyatakan dukungan untuk Israel, namun kemudian menghapusnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cukup banyak pesohor Hollywood yang menyatakan dukungan untuk Israel seusai terjadinya serangan dari Hamas (gerakan nasionalisme Palestina) pekan lalu. Padahal, serangan Hamas dilancarkan untuk menentang pendudukan Zionis Israel di wilayah mereka.

Sayangnya, tak semua public figure memahami soal konflik berkepanjangan Israel-Palestina. Tidak sedikit yang membela Israel tanpa pikir panjang, tapi sesungguhnya mengutip atau membagikan informasi yang kurang tepat dan berujung menjadi blunder.

Baca Juga

Hal itu membuat banyak warganet mengkritik unggahan mereka, sehingga para figur publik tersebut pada akhirnya memutuskan menghapus postingan. Berikut deretan pesohor dunia yang mengunggah dukungan untuk Israel lalu berujung menghapusnya:

1. Justin Bieber

 

photo
Penyanyi Justin Bieber. - (EPA-EFE/DAVID SWANSON ID:)

 

Jejak digital tidak akan pernah sepenuhnya hilang. Meski penyanyi asal Kanada Justin Bieber sudah menghapus unggahan di akun media sosialnya soal dukungan "salah" terhadap Israel, internet sudah mengabadikannya. 

Pasalnya, dia mengunggah postingan Instagram Story yang bunyinya "Berdoa untuk Israel", namun menampilkan foto kehancuran di Gaza, Palestina, yang merupakan "ulah" Israel. Tentunya, status yang dibagikan Bieber segera memicu reaksi keras.

Dilansir Daily Mail, Sabtu (14/10/2023), Bieber lalu menghapus postingan yang dibagikan beberapa hari setelah serangan Hamas ke Israel itu. Sebelumnya, dia menyatakan tak tertarik memihak Israel atau Palestina, tapi berbelasungkawa untuk korban di kedua belah pihak.

2. Kylie Jenner

 
photo
Kylie Jenner. - (EPA)

 

Kylie Jenner dikritik karena membuat postingan mendukung Israel di Instagram Story. Dia lantas menghapusnya setelah mendapat reaksi keras dari warganet yang menudingnya hanya memiliki sedikit pengetahuan tentang konflik Israel dan Palestina.

Dikutip dari laman Insider, Jenner mengunggah ulang postingan akun pro-Israel @StandWithUs yang berapi-api soal dukungan terhadap Israel. Banyak warganet menyayangkan itu, karena banyak informasi di unggahan itu belum dapat dikonfirmasi dan kemungkinan tak akurat.

Meski unggahan Jenner sudah dihapus satu jam setelah diposting, warganet terus saja membanjiri kolom komentar dengan kritikan. Beberapa pihak menyayangkan karena Jenner adalah sahabat Bella Hadid, model yang terang-terangan mendukung Palestina.

3. Jamie Lee Curtis

photo
Jamie Lee Curtis. - (AP/Domenico Stinellis)

 

Pada Sabtu (7/10/2023), aktris Jamie Lee Curtis membagikan sejumlah postingan Instagram yang menyatakan dukungannya untuk Israel dan para korban serangan. "Teror dari langit," tulisnya pada unggahan, seraya mencantumkan simbol bendera Israel.

Masalahnya, foto unggahannya yang menunjukkan anak-anak ketakutan di tengah situasi konflik justru foto anak-anak Palestina. Curtis "mencomot" foto dari akun fotografer perempuan Samar Abu Elouf, yang memotret kondisi sebuah sekolah di Jalur Gaza utara.

Unggahan Curtis langsung dikecam warganet, membuat dia menghapusnya. "Saya menghapus postingan tersebut ketika saya menyadari kesalahan saya," ujar Curtis, dikutip dari laman HuffPost. Curtis kemudian membuat unggahan baru yang mendoakan korban anak di Israel maupun Palestina.

 

 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement