Selasa 22 Mar 2022 11:11 WIB

Cokelat Compound VS Couverture, Apa Bedanya?

Dari segi harga, cokelat compound lebih terjangkau daripada couverture.

Perajin membuat cokelat berbentuk karakter kartun di Kelurahan Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (26/1/2022). Cokelat compound dan couverture memiliki karakteristik yang berbeda,
Foto:

Kerumitan pengolahan cokelat couverture berbanding lurus dengan rasanya. Cokelat couverture memberikan rasa yang lembut dan kompleks.

Sementara itu, cokelat compound yang lebih mudah diolah kadang memberikan rasa waxy dan lebih simpel dibandingkan couverture. Namun, dari segi harga, cokelat compound memang lebih terjangkau.

Soal pilihan cokelat, semuanya kembali lagi kepada kebutuhan setiap individu. Bagi orang yang ingin berbisnis atau memasak secara mudah di rumah, cokelat compound yang lebih gampang diolah dan murah dapat dipertimbangkan. Tapi untuk pebisnis yang ingin menciptakan makanan dengan rasa lebih premium atau individu yang lebih paham mengolah cokelat di rumah, cokelat couverture bisa jadi pilihan.

Karina mengatakan, cokelat couverture memiliki aplikasi yang serbaguna. Couverture dapat digunakan untuk confectionery, seperti praline dan chocolate bar; enrobing, coating dan molding; batter/mixture untuk kue dan dough pada roti; filling dalam produk roti, pastry, dan cookies; serta dalam pembuatan ganache, mousse, pastry cream hingga chocolate sauce.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement