Sabtu 28 Oct 2023 21:04 WIB

Sempat Pisah Jalan, 5 Band Ini Putuskan Kembali ke Formasi Awal

Reuni yang bikin gempar baru-baru ini yaitu Mike Portnoy gabung ke Dream Theater.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Dream Theater. Dream Theater menerima kembali kedatangan drummer mereka, Mike Portnoy. Ini bukan satu-satunya band yang kembali ke formasi awal.
Foto: Anara/Yudhi Mahatma
Dream Theater. Dream Theater menerima kembali kedatangan drummer mereka, Mike Portnoy. Ini bukan satu-satunya band yang kembali ke formasi awal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam perjalanan bermusik, sebuah band terkadang harus melewati jalan yang tak mulus. Beberapa grup musik terkadang vakum berkarya, ditinggalkan personelnya, bahkan sempat bubar. Namun, ada yang kembali bersama setelah beberapa waktu.

Bahkan, kembalinya grup musik tersebut dengan formasi awal yang sudah melekat di benak penggemar disambut dengan lebih baik lagi di belantika musik. Berikut lima band dari dalam dan luar negeri yang kembali berkarya bersama dengan formasi awal:

Baca Juga

1. Cokelat

photo
Band Cokelat. - (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

 

 

Seusai 14 tahun berkarya bersama, band Cokelat harus rela ditinggal oleh sang vokalis, Kikan, serta drummer Ervin pada 2010. Ernest kemudian sang gitaris hengkang pada 2015. Band ini tetap berjalan dengan personel yang tersisa dengan tambahan beberapa personel baru yang kadang berganti.

Pada 2010, Ernest mengumumkan bahwa dirinya kembali bergabung dengan Cokelat. Lantas, pada momen kemerdekaan pada 17 Agustus 2022, Kikan dan Ervin juga kembali menjadi personel Cokelat. Kini, Cokelat kembali terdiri dari Ronny (bass), Edwin (gitar), Ernest (gitar), Kikan (vokal), dan Ervin (drum).

2. Padi Reborn

photo
Grup Band Padi Reborn. - (Republika/Thoudy Badai)

 

Setelah vakum selama periode 2011-2017, grup musik Padi kembali muncul dengan sedikit mengubah namanya menjadi Padi Reborn. Kini, bendera Padi Reborn kian berkibar, dengan penampilan di banyak festival besar yang tidak pernah sepi dari penggemar.

Dibentuk pada 1997, Padi terdiri atas Ari (gitar), Fadly (vokal), Yoyo (drum), Rindra (bass), dan Piyu (gitar). Padi Reborn pun beranggotakan kelima personel itu. Saat Padi vakum, tiga personelnya (Fadly, Rindra, dan Yoyo) sempat membentuk band Musikimia bersama Stephan Santoso sebagai gitaris.

3. Jamrud

photo
Aksi band Jamrud. - (ANTARA/Asprilla Dwi Adha)

 

Band hard rock dan heavy metal ini memang cukup sering mengalami pergantian personel. Salah satu sosok yang banyak dikenal publik adalah sang vokalis, Krisyanto. Sempat mengundurkan diri dari band pada 2007, namun di tahun 2011 Krisyanto kembali bergabung dengan Jamrud hingga sekarang.

Nomor 4...lanjutkan membaca>>

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement