Senin 22 Nov 2021 17:03 WIB

Waspadai Tanda Kanker Paru pada Lengan dan Bahu

Sering kali, kanker paru terdeteksi ketika sel kanker telah menyebar.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Lawan kanker (Ilustrasi). Orang yang punya faktor risiko kanker paru sebaiknya menjalani pemeriksaan.
Foto:

Perasaan kesemutan yang terus-menerus dapat menyertainya. Tanda awal yang mungkin sulit dikenali adalah clubbing finger, di mana ujung jari membengkak karena kekurangan oksigen.

Dalam beberapa kasus, tumor mungkin menekan aliran darah ke kepala, mengakibatkan pembengkakan di sekitar wajah. Tanda-tanda yang sama dengan bentuk kanker lainnya termasuk kelelahan dan penurunan berat badan.

Selain itu, dalam beberapa kasus tumor paru mungkin melepaskan sejumlah besar hormon yang menyebabkan gejala lebih jauh di dalam tubuh. Kanker paru dapat terjadi bersamaan dengan infeksi paru lainnya.

Jika Anda memiliki infeksi paru yang tidak merespons antibiotik atau perawatan lain, dokter mungkin akan menyelidiki kemungkinan kanker paru. Kalau Anda yakin menderita kanker paru, dokter dapat mengatur agar Anda menjalani rontgen dada.

Tes awal ini dapat mengidentifikasi struktur abnormal di paru-paru yang mengindikasikan kanker. Namun, pengujian lebih lanjut sering diperlukan setelah memastikan diagnosis positif.

CT Scan menghasilkan gambar tiga dimensi paru-paru, sementara biopsi dari kelenjar getah bening dapat mengidentifikasi apakah kanker telah menyebar keluar dari paru-paru. Hasil dari tes lebih lanjut sering kali akan menentukan pilihan pengobatan apa yang dapat diberikan oleh dokter Anda.

Ketika diidentifikasi lebih awal, ada perawatan yang tersedia yang berpotensi menyembuhkannya. Bentuk kanker paru-paru yang lebih lanjut sulit disembuhkan. Tapi pengobatan masih dapat memperlambat perkembangannya dan meringankan gejala yang lebih menyakitkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement