Senin 22 Nov 2021 17:03 WIB

Waspadai Tanda Kanker Paru pada Lengan dan Bahu

Sering kali, kanker paru terdeteksi ketika sel kanker telah menyebar.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Lawan kanker (Ilustrasi). Orang yang punya faktor risiko kanker paru sebaiknya menjalani pemeriksaan.
Foto:

Kanker paru sering menyebar lebih cepat daripada bentuk kanker lainnya. Itu karena sel kanker menyebar melalui darah yang mengalir melalui paru-paru dan menyebar ke seluruh tubuh.

Hal itu pula yang membuat kanker paru lebih sering terdeteksi setelah menyebar. Anda dapat meminimalisasi risiko terkena kanker paru dengan menjaga kesehatan fisik secara umum dan menghindari faktor risiko.

Dikutip dari laman Cancer Information & Support Centre (CISC), terdapat dua faktor risiko kanker paru. Faktor pertama adalah faktor yang dapat dikendalikan, seperti terpapar asap rokok, tinggal atau bekerja di area pertambangan atau pabrik yang mengandung bahan pencetus karsinogen, atau tinggal maupun bekerja di daerah dengan polusi tinggi.

Bekerja dalam produksi kimia kromium atau penanganan atau senyawa nikel telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker paru. Demikian juga dengan paparan asbestos, bahan yang mudah terkelupas yang dulunya marak digunakan dalam konstruksi bangunan dan belakangan diketahui menyebabkan kanker.

Sementara untuk faktor kedua adalah faktor yang tidak dapat dikendalikan. Usia lebih dari 40 tahun, riwayat kanker dalam keluarga, dan sebelumnya pernah menderita kanker termasuk di dalamnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement