Rabu 16 Jun 2021 14:08 WIB

Suasana Hati Bisa Rusak Kondisi Kulit, Ini Penjelasan Pakar

Suasana hati seperti stres, marah dan takut berpengaruh terhadap hormon dan kulit.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Dwi Murdaningsih
Depresi (ilustrasi).
Foto:

Depresi

Depresi dapat menyebabkan kerutan di wajah Anda. Ekspresi wajah memainkan peran penting pada kulit, misalnya saja mengerutkan kening. Depresi jangka panjang memiliki efek buruk pada kulit, karena bahan kimia yang terkait dengan kondisi tersebut dapat mencegah tubuh memperbaiki peradangan pada sel. Hormon-hormon itu mempengaruhi tidur, dan berdampak pada mata yang kendor, bengkak, dan kulit kusam atau tak bernyawa.

Takut

Saat merasa terancam atau dalam bahaya, reaksi pertama otak adalah memberi sinyal pada kelenjar adrenal untuk melepaskan epinefrin, yang lebih dikenal sebagai adrenalin. Akibatnya, kecepatan detak jantung meningkat, mengalirkan darah ke otot-otot besar tubuh.

Terkadang, adrenalin juga menghilangkan sebagian darah itu dari kulit dan wajah, dan menyempitkan pembuluh darah di kulit untuk mengontrol dan membatasi pendarahan jika terluka. Rasa takut dapat menyebabkan seseorang terlihat pucat dan kusam.

 

Untuk menyingkirkan suasana hati negatif dan masalah kulit, maka penting untuk menjalani hidup sehat. Jaga diri terhidrasi dengan baik, lakukan rutinitas kulit, tinggalkan rokok dan alkohol. Cobalah terhubung dengan orang-orang yang memiliki aura positif. Olahraga secara teratur, karena membantu endorfin, yaitu hormon bahagia yang membantu seseorang mengatasi stres dan mengurangi perasaan sakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement