Jumat 02 Feb 2024 09:12 WIB

Tak Hanya Skincare, Pola Makan Sehat Bisa Bikin Kulit Glowing

Nutrisi optimal untuk merawat kulit menjadi glowing sangat diperlukan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Kulit wajah glowing (ilustrasi). Pola makan berperan penting untuk kondisi kulit.
Foto: www.freepik.com
Kulit wajah glowing (ilustrasi). Pola makan berperan penting untuk kondisi kulit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pola makan berperan penting untuk kondisi kulit. Inilah sebabnya, para ahli kerap menyerukan pentingnya nutrisi optimal dalam perawatan kulit. 

Seorang dokter kulit, dr Aanchal Panth, melalui Instagram membagikan beberapa kiat pola makan yang tidak dapat diabaikan. Kita tidak bisa mengabaikan peran pola makan dan gaya hidup terhadap kesehatan kulit. 

Baca Juga

"Berikut adalah beberapa perubahan pola makan, yang dapat memberikan perbedaan positif pada kulit Anda,” kata dr Panth, seperti dikutip dari Indian Expres, Kamis (2/2/2024).

1. Tambahkan kacang-kacangan dan biji-bijian. Kacang-kacangan kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kulit dan rambut.

2. Hindari gula, kurangi garam. Makanan kemasan memiliki kandungan garam yang tinggi, begitu pula acar.

3. Sayuran berdaun hijau, paprika, dan tomat. Makanan berwarna kaya akan antioksidan. "Tomat memiliki kadar likopen yang tinggi," kata dr Panth.

4. Diet tinggi protein dan tinggi serat. Pola makan vegetarian India rendah protein. “Menambahkan makanan berprotein tinggi dalam pola makan setidaknya satu kali makan sehari itu penting seperti lentil, polong-polongan, kacang hijau, kedelai, tahu, buncis, dan kacang tanah,” kata dr Panth.

5. Mengurangi makanan yang digoreng. Cara menyiapkan makanan juga merupakan faktor penting yang berkontribusi terhadap nilai gizi tertinggi. “Memasak makanan dengan suhu rendah lebih baik,” kata Dr Panth.

6. Jus lemon dan cuka. Menurut dia, menambahkan jus lemon dan cuka meningkatkan pencernaan dan memiliki sifat probiotik.

Pola makan memainkan peran penting dalam mencapai dan menjaga kesehatan kulit. Ahli menganjurkan pendekatan holistik dalam perawatan kulit, dengan menekankan apa yang dimakan berdampak signifikan pada kesehatan dan penampilan kulit. 

"Pola makan yang lengkap dan kaya nutrisi dapat melengkapi rutinitas perawatan kulit Anda dan berkontribusi pada kulit bercahaya,” kata dr Rinky Kapoor, konsultan dokter kulit, dokter kulit kosmetik, dan ahli bedah kulit, The Esthetic Clinics.

Pertama, hidrasi adalah kuncinya. Dr Kapoor menekankan pentingnya minum air dalam jumlah yang cukup untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan kenyal.

Selain itu, pola makan kaya antioksidan yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran dapat melindungi kulit dari stres oksidatif dan membuat penampilan awet muda. Asam lemak omega-3, yang terdapat pada ikan dan biji rami, memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Disarankan untuk mengurangi asupan makanan olahan dan gula, karena dapat menyebabkan peradangan dan masalah kulit. Dokter kulit sering merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan kolagen tinggi atau suplemen kolagen untuk meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit.

Selain itu, vitamin seperti A, C, dan E berperan penting dalam kesehatan kulit. Asupan seperti wortel, buah jeruk, dan kacang-kacangan adalah sumber yang sangat baik. "Terakhir, menjaga pola makan seimbang yang mencakup beragam nutrisi merupakan hal mendasar untuk nutrisi kulit secara keseluruhan,” kata dr Kapoor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement