Jumat 26 Feb 2021 15:22 WIB

Dampak Baik dan Buruk Minum Kombucha Menurut Sains

Teh kombucha kini cukup populer di kalangan selebriti.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Teh kombucha kini cukup populer di kalangan selebriti, influencer juga professional kesehatan.
Foto:

5. Menurunkan berat badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, minum segelas kombucha setiap hari mungkin bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Sebuah studi menemukan bahwa minum teh hijau membantu membakar lebih banyak kalori. Jika Anda memilih kombucha yang diseduh dengan teh hijau, Anda dapat melihat peningkatan kesehatan usus dan penurunan lingkar pinggang.

6. Komplikasi kehamilan dan menyusui

Karena kombucha memiliki bakteri hidup yang memberikan sifat meningkatkan usus, maka tidak dianjurkan untuk kehamilan. Bagaimana bisa? Beberapa versi mungkin mengandung sedikit alkohol, dan tidak dipasteurisasi, sehingga tidak aman untuk mengandung bayi. Jika Anda ingin minum kombucha saat menyusui, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda.

7. Potensi kontaminasi

Saat Anda meminum kombucha, periksa komposisinya. Minuman yang tersedia di toko melalui proses pengujian yang ketat mungkin aman. Namun beberapa varietas buatan sendiri mungkin tidak memiliki kondisi sanitasi yang baik, menambah potensi risiko kontaminasi.

8. Potensi risiko diabetes

Meskipun mencegah atau mempertahankan diabetes tipe 2 adalah salah satu dampak baik dari kombucha, jika Anda tidak berhati-hati dengan jenis kombucha, ini dapat memiliki efek sebaliknya pada tubuh. Beberapa produk juga menambahkan gula, sehingga jika kombucha dikonsumsi secara berlebih maka bisa memicu diabetes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement