Kamis 14 Jan 2021 00:55 WIB

10 Cara Manfaatkan Ampas Kopi

Jangan buang ampas kopi karena bisa dimanfaatkan ulang.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Jangan buang ampas kopi karena bisa dimanfaatkan ulang (Foto: ilustrasi)
Foto:

Menyerap tumpahan minyak goreng

Ada tumpahan minyak goreng di lantai atau meja dapur? Tutupi tumpahannya dengan bubuk kopi bekas, lalu diamkan selama lima menit. Bubuk kopi akan segera menyerap minyak, jadi cukup menyeka sisanya dengan tisu basah atau serbet.

 

Samarkan mata lelah dalam sekejap

Ingin menghilangkan mata lelah dan bengkak? Campur bubuk kopi bekas dengan air secukupnya sampai membentuk pasta, lalu oleskan dengan jari ke area kulit di bawah mata. Bilas setelah 10 menit dan mata lelah pun hilang.

 

Hilangkan bau makanan membandel dari kulit

Terkadang aroma makanan yang kuat menempel dalam waktu lama pada kulit, seperti bau bawang putih atau makanan laut yang menyengat. Menggosok kulit dengan bubuk ampas kopi sebelum mencuci dengan sabun dan air akan menghilangkan baunya.

 

Membersihkan perapian

Tidak banyak keluarga di Indonesia yang memiliki perapian, tapi ampas kopi bisa juga dipakai untuk membersihkannya. Setelah bekas api mendingin, taburkan bubuk kopi basah di atas abu dan diamkan selama lima menit sebelum disapu.

 

Mencegah licin di jalanan bersalju

Tips ini juga untuk keluarga yang tinggal di negara bersalju. Biasanya, orang-orang menaburkan garam batu guna mencegah jalanan bersalju agar tidak licin. Ampas kopi juga bisa berfungsi sama, cukup dengan menaburkannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement