Selasa 09 Jun 2020 01:05 WIB

Memanfaatkan Limbah Ampas Kopi

Ampas kopi bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal yang tidak terduga.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Ampas kopi bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal yang tidak terduga (Foto: ilustrasi ampas kopi)
Foto: breakfastwithaudrey.com.au
Ampas kopi bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal yang tidak terduga (Foto: ilustrasi ampas kopi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah menyeduh kopi, sebaiknya ampas kopi jangan dibuang. Kenapa? Karena ampas kopi bisa dimanfaatkan untuk beberapa hal yang tidak terduga mulai dari conditioner hingga pupuk tanaman.

Melansir laman Daily Mail pada Senin (8/6), berikut kegunaan ampas kopi yang tidak banyak diketahui.

Baca Juga

Menghilangkan noda pada kayu

Kopi bereaksi dengan tanin dalam kayu untuk membantu mengurangi noda dan mengubah warna kusam pada kayu menjadi lebih cerah. Taburkan ampas kopi yang telah dingin ke atas permukaan kayu, lalu amplas menggunakan lap dan tunggu hasilnya.

Pengusir hama

Aroma kopi sangat baik untuk mengusir hama rumah tangga seperti nyamuk, semut, siput, kecoa dan banyak lagi. Anda bisa menyimpan kopi pada mangkuk atau wadah lain.

Sirup kopi

Mengapa tidak menggunakan ampas kopi untuk menyeduh kopi berikutnya? Pakai sirup kopi untuk campuran minuman kopi seperti frappe kopi atau minuman lainnya. Caranya cukup rebus kopi hitam dengan jumlah gula yang sama hingga menjadi berkurang dan teksturnya kental. Sirup ini dapat bertahan di lemari es selama dua pekan.

Kondisioner

Kafein dalam kopi sangat bagus untuk rambut. Tidak hanya mendorong akar rambut untuk tumbuh, tetapi juga merangsang akar dan meningkatkan kesehatan kulit kepala. Setelah keramas, tuangkan ampas kopi dingin di atas kepala dan kulit kepala Anda. Biarkan kopi selama setengah jam sebelum dibilas dengan air hangat. Lakukan ini sepekan sekali, dan Anda akan melihat peningkatan dalam ketebalan dan tekstur rambut Anda.

Dekorasi ruangan

Biji kopi tua atau ampas kopi bisa dijadikan bahan untuk dekorasi ruangan. Misalnya dengan menyusun biji kopi yang terang dan gelap dalam vas-vas kaca bening, atau membuat manik-manik kaca dan lainnya.

photo
Ampas kopi (ilustrasi) - (pexels)

Bumbu

Sedikit orang yang tahu bahwa kopi yang diseduh dapat menambah cita rasa yang lezat dan lembut untuk steak, daging babi atau ikan. Tumislah satu siung bawang merah dan empat siung bawang putih cincang dan tambahkan ke mangkuk. Untuk ini, tambahkan kopi sebanyak 240 ml, cuka balsamic 60ml, gula merah 55g, mustard Dijon 60ml, minyak zaitun 3 sdm, lada dan garam secukupnya.

Balur ikan atau daging Anda di dalam bumbu dan biarkan di lemari es setidaknya satu jam sebelum dimasak.

Pupuk Tanaman

Kopi encer dapat sangat bermanfaat bagi kesehatan tanaman. Saat diseduh, kopi hitam mengandung kalium dan magnesium, kopi ini bisa menjadi nutrisi bagi tanaman yang memungkinkan batang menjadi lebih kuat dan pertumbuhan daun yang lebat.

Penyegar udara

Kopi sangat baik untuk menetralkan aroma lain, oleh karena itu menjadikannya pengharum udara menjadi ide cemerlang. Caranya, masukkan biji kopi ke dalam kantung mesh dan gantung di mobil atau ruangan lain.

Menghilangkan bau mulut

Jika biji kopi tua tidak cukup baik untuk dibuat kopi, itu mungkin masih bisa dimakan. Percaya atau tidak, mengisap biji kopi bisa membantu menghilangkan bau mulut dan menetralkan aroma bahkan aroma terkuat seperti bawang putih.

Lulur tubuh

Partikel kasar dan kandungan asam dari bubuk kopi bermanfaat menjadi exfoliator yang sempurna untuk kulit sehingga dapat mengangkat sel kulit mati. Caranya, ambil ampas kopi campur dengan sedikit air atau minyak kelapa dan balurkan dengan lembut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement