Rabu 31 Jul 2019 12:21 WIB

Empat Tip Memanfaatkan Sisa Kopi

Asam dari kopi berguna untuk menyuburkan tanaman.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Indira Rezkisari
Secangkir kopi hitam
Foto: pexels
Secangkir kopi hitam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda senang meracik sendiri kopi di rumah, jangan buang dulu ampas kopi Anda. Ampas kopi tidak perlu dibuang siang-siang karena memiliki sejumlah manfaat.

Bukan cuma ampasnya, sisa minuman kopi juga bisa dimanfaatkan. Dilansir dari Indian Express, Rabu (31/7), berikut empat tip memanfaatkan limbah atau sisa kopi dengan baik, yang bisa dilakukan dengan mudah.

Baca Juga

Campuran adonan kue

Saat memmbuat kue, sisa kopi dapat digunakan sebagai pengganti air dalam adonan kue. Campuran kopi ini sangat baik digunakan untuk kue cokelat. Selain itu, adonan kue brownies juga cocok dicampur oleh sisa kopi.

Es krim kopi.

Hal yang paling mudah untuk memanfaatkan sisa kopi adalah dengan membuatnya menajdi es krim kopi. Caranya, adalah dengan mencampurkan sisa kopi dengan susu, krim, dan gula.

Setelah tercampur, simpan adonan ke dalam pembeku di lemari es. Setelah beberapa jam, es krim kopi siap dinikmati untuk siang yang panas.

Sirami tanaman dengan kopi

Jika terlalu malas untuk membuat makanan dengan menyampurkan sisa kopi, cara ini bisa dilakukan. Tanaman akan tumbuh lebih baik dengan asupan asam dari kopi itu.

Pupuk sisa kopi

Ampas kopi bisa digunakan untuk pengomposan sehingga menjadi pupuk. Pupuk yang dihasilkan nantinya akan lebih baik dan kaya asam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement