Jumat 13 Dec 2019 19:16 WIB

Tiga Jenis Teh Ini Bikin Sehat dan Rileks

Tidak dapat disangkal lagi jika teh memiliki banyak manfaat kesehatan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Tidak dapat disangkal lagi jika teh memiliki banyak manfaat kesehatan (Ilustrasi)
Foto: Pexels
Tidak dapat disangkal lagi jika teh memiliki banyak manfaat kesehatan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak dapat disangkal lagi jika teh memiliki banyak manfaat kesehatan. Selama bertahun-tahun dan melalui berbagai penelitian ilmiah, teh telah ditemukan berpotensi membantu menangkal kanker, diabetes tipe 2, hingga radang sendi.

Satu lagi yang membuat orang banyak menyukai teh adalah rasanya yang nikmat. Apalagi saat disajikan dengan campuran gula dan susu. Tetapi sebaiknya hindari menambahkan kafein agar membantu tidur lebih baik, mengurangi kecemasan dan stress.

Baca Juga

Selain itu, teh ini juga bisa bermanfaat menurunkan kadar gula darah. Berikut beberapa teh yang kaya manfaat sekaligus lezat, dilansir laman Womensday, Jumat (13/12).

Teh Matcha

Teh hijau bubuk matcha bermanfaat  mengurangi kecemasan. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa matcha bisa membantu mengaktifkan dua sistem kimia perasaan-baik dalam tubuh: reseptor dopamin D1- dan reseptor serotonin 5-HT1A. Untuk menikmatinya, masukkan satu sendok matcha ke dalam secangkir air panas, lalu tambahkan perasan jus lemon.

Gaba Oolong

Gamma-aminobutyric acid (GABA), yang ditemukan di beberapa teh, adalah bahan kimia yang berperan dalam sistem saraf. Minum teh oolong yang mengandung GABA dapat mengurangi stress. Teh sejenis ini bisa ditemukan dari merek-merek seperti Harney & Sons dan Floating Leaves.

Chamomile

Teh chamomile terkenal untuk membantu tidur lebih baik, tetapi penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa teh ini juga memiliki manfaat bagi penderita diabetes. Minum secangkir setiap setelah makan dapat membantu menyeimbangkan glukosa dalam darah, menurut beberapa studi baru-baru ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement