Rabu 14 Feb 2024 04:04 WIB

Bisa Awet Muda dengan Minum 3 Cangkir Teh Setiap Hari, Mitos atau Fakta?

Teh terkenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Minuman teh. Menurut penelitian, rutin mengonsumsi tiga cangkir teh per hari dapat membantu memperlambat penuaan biologis.
Foto: Flickr
Minuman teh. Menurut penelitian, rutin mengonsumsi tiga cangkir teh per hari dapat membantu memperlambat penuaan biologis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teh termasuk salah satu minuman favorit banyak orang di berbagai belahan dunia. Disamping rasanya yang khas, teh juga mengandung banyak manfaat.

Bahkan, teh diyakini dapat membantu orang yang rutin mengonsumsinya menjadi awet muda. Sebetulnya, itu mitos atau fakta?

Baca Juga

Menurut penelitian, rutin mengonsumsi tiga cangkir teh per hari rupanya membantu memperlambat penuaan biologis. Manfaat ini utamanya bisa didapat dari teh hitam dan teh hijau.

Bahan kimia sehat dalam teh hitam dan hijau dapat membantu "memengaruhi penuaan secara positif" dengan mengurangi kerusakan sel untuk menjaga organ bekerja lebih lama. Manfaat terbesar terlihat pada pecinta minuman yang konsisten, namun orang-orang dapat meningkatkan kesehatan mereka dengan meminumnya.

Dokter Yi Xiang, ilmuwan dari Sichuan University di Cina, mengatakan timnya menemukan bahwa mengonsumsi sekitar tiga cangkir teh per hari dapat memberikan manfaat antipenuaan. Hal ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa teh mengandung banyak senyawa bioaktif.

"Penelitian sebelumnya menunjukkan minum teh dapat mengurangi kemungkinan orang terkena diabetes dan penyakit jantung," kata dia, seperti dikutip dari The Sun, Selasa (13/2/2024).

Teh mengandung polifenol, yang merupakan antioksidan kuat dan juga dapat membantu melindungi dari kanker serta penyakit neurodegeneratif seperti demensia. Studi terbaru, yang diterbitkan dalam jurnal Elsevier The Lancet Regional Health – Western Pacific, mengamati cara minuman tersebut berdampak pada penuaan biologis. Itu termasuk memperhatikan ukuran seberapa cepat kerusakan sel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement