Selasa 14 Nov 2023 16:38 WIB

Manfaat Minum Teh yang tak Banyak Diketahui Peminumnya

Beberapa jenis teh ini mendatangkan manfaat kesehatan bagi peminumnya.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Teh (ilustrasi). Teh dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.
Foto: Pixabay
Teh (ilustrasi). Teh dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teh merupakan salah satu minuman yang paling disukai orang-orang. Teh cocok diminum dalam berbagai kesempatan, misal saat sarapan atau melepas lelah sebelum tidur. Saat kumpul dengan teman atau keluarga, teh juga bisa dinikmati bersama camilan. 

Selain enak, teh juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut manfaat yang Anda rasakan, dilansir Eat This Not That, Selasa (14/11/2023):

Baca Juga

1. Teh dapat membantu jantung

Pakar gizi Amy Goodson mengatakan teh tertentu seperti teh hitam, teh hijau, dan teh kembang sepatu telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung. "Mereka juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol LDL, dan meningkatkan fungsi kardiovaskular secara keseluruhan,” kata Goodson.

2. Meningkatkan fungsi kognitif

Penikmat teh hijau akan senang mengetahui bahwa kebiasaan minum teh mereka dapat meningkatkan otak mereka. “Teh ini mengandung L-theanine, asam amino yang bekerja sinergis dengan kafein untuk memberikan peningkatan energi yang lebih lancar dan berkelanjutan, meningkatkan kewaspadaan dan fungsi kognitif,” kata pakar gizi Trista Best.

3. Teh dapat membantu pencernaan

Saat sedang berjuang dengan sakit perut atau masalah pencernaan, teh tertentu dapat membantu Anda lebih tenang. “Teh herbal seperti kamomil, pepermin, dan jahe mendukung kesehatan pencernaan dan membantu meringankan gejala kembung, gangguan pencernaan, serta mual,” kata pakar gizi lain, Lisa Young.

4. Dapatkan dosis ekstra kafein

Beberapa teh mengandung kafein dalam jumlah yang cukup. Teh hitam, hijau, dan oolong mengandung kafein sedangkan teh herbal sepenuhnya bebas kafein. Jika Anda sensitif terhadap kafein, Anda mungkin ingin memperhatikan jenis teh yang Anda minum dan jam berapa Anda memutuskan untuk istirahat minum teh.

5. Teh bantu Anda rileks

Teh kamomil yang terbuat dari bunga kamomil kering khusus digunakan untuk  tidur dan menenangkan. “Teh ini dikenal dengan efek menenangkan karena adanya apigenin, antioksidan yang mengikat reseptor tertentu di otak Anda, mengurangi kecemasan dan meningkatkan relaksasi,” kata Best.

Minum teh kamomil sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas dan durasi tidur berkat sifat obat penenangnya yang dapat menimbulkan rasa kantuk.

6. Dapatkan lebih banyak fitonutrien

Teh dikemas dengan nutrisi yang tidak Anda dapatkan di banyak minuman lain, terutama kopi. Teh mengandung beragam fitokimia dan fitonutrien karena berasal dari berbagai jenis tanaman. Menurut National Library of Medicine, fitonutrien adalah nutrisi tanaman umum yang menghasilkan aktivitas biologis tertentu dan mendukung kesehatan manusia dalam berbagai cara.

7. Anda dapat mengatur metabolisme

Bahkan ada teh tertentu yang membantu Anda mengatur metabolisme jika tidak seimbang karena berbagai alasan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Research in Medical Sciences menyatakan teh hijau secara spesifik memiliki efek positif dalam mengatur metabolisme yang juga berkorelasi langsung dengan pengendalian kadar glukosa dan pengelolaan berat badan.

Studi tersebut menemukan hal ini juga berlaku pada pasien diabetes. Jika Anda ingin minum teh untuk memulihkan metabolisme, cobalah minum teh hitam, hijau, atau oolong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement