Senin 13 Nov 2023 16:58 WIB

Tips Menyimpan Roti yang Tepat, Agak 'Repot' Tapi Dijamin Roti Tetap Segar Seperti Baru

Jangan menyimpan roti di dalam lemari es sebaiknya Anda hindari.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Roti (ilustrasi). Jika ingin roti tetap segar seperti baru dibeli, Anda bisa menyimpannya di dalam freezer.
Foto: www.freepik.com.
Roti (ilustrasi). Jika ingin roti tetap segar seperti baru dibeli, Anda bisa menyimpannya di dalam freezer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cara menjaga roti agar tetap segar selama mungkin adalah dengan menyimpannya dengan benar. Dengan penyimpanan tepat, roti akan bertahan lebih lama sehingga tetap lezat disantap meski sudah dibeli dari pasar swalayan setelah beberapa hari.

Salah satu "larangan" utama dalam penyimpanan roti adalah meletakkannya di kulkas atau lemari es. Meski ada anggapan bahwa kulkas yang dingin bisa memperlambat pertumbuhan jamur, hal itu dianggap percuma oleh manajer di Matthews Cotswold Flour, Sophie Carey.

Baca Juga

"Kondisi lemari es akan mempercepat roti menjadi basi sehingga tidak dapat dimakan jauh lebih cepat daripada berjamur. Ini adalah  karena pati yang ada dalam roti mengkristal kembali saat didinginkan," kata Carey, dikutip dari laman Mirror, Senin (13/11/2023). 

Supaya roti terasa segar seperti saat baru dibeli, cara penyimpanan terbaik adalah mengemasnya di wadah kedap udara. Lantas, letakkan saja wadah itu di meja pada suhu ruang, sehingga mudah disantap oleh anggota keluarga saat akan sarapan atau makan kudapan.

 

Jika roti tidak akan dimakan sampai habis untuk waktu cepat, ada tips untuk membuatnya lebih tahan lama yaitu menyimpannya di freezer. Namun, ada langkah-langkah yang harus dilakukan dan tidak sesederhana menyimpan langsung di wadah.

Tanpa cara yang tepat, penyimpanan di freezer akan merusak rasa roti ketika akan dicairkan dan disantap pada kemudian hari. Sebelum dimasukkan ke freezer, bungkus roti dua kali dengan plastik khusus bernama cling wrap, lalu tambahkan lapisan kertas timah di bagian luar.

Itu mungkin tampak seperti pekerjaan yang merepotkan, tetapi Carey menjamin akan membuat roti tetap segar seperti baru dibeli ketika akan dimakan. Saat roti siap dimakan, keluarkan dahulu roti dari freezer, lalu biarkan di meja pada suhu kamar selama sekitar 10 menit.  

Cara selanjutnya yaitu basahi dengan sedikit air dan masukkan ke dalam oven untuk dipanggang pada suhu 180 derajat selama 10 menit. "Rotinya akan terasa segar seperti saat Anda mendapatkannya," ujarnya. Metode ini disebutnya merupakan pilihan terbaik jika seseorang ingin menyimpan stok roti.

 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement