Kamis 19 Jan 2023 14:29 WIB

Hindari Simpan Telur di Kulkas, Chef Ternama Inggris: Bisa Merusak Rasa

Menurut chef Martin, menyimpan telur di lemari es bukan ide yang bagus.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Menyimpan telur di kulkas dianggap bisa merusak rasa. (ilustrasi)
Foto: Flickr
Menyimpan telur di kulkas dianggap bisa merusak rasa. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chef ternama James Martin memperingatkan orang-orang untuk tidak pernah menyimpan telur di dalam lemari es. Pria 50 tahun asal Inggris itu menjelaskan alasannya, yaitu karena semua jenis telur memiliki pori-pori.

Martin menyampaikannya saat tampil di acara televisi "This Morning". Dalam salah satu segmen, dia memanggang dua kue Victoria Sponge dengan jenis telur yang berbeda, yakni telur ayam dan telur bebek.

Baca Juga

Dalam pandangan Martin, kualitas telur adalah kunci untuk membuat roti dengan hasil yang baik. Lantas, percakapan beralih ke cara terbaik menyimpan telur serta pengaruhnya terhadap hidangan yang dihasilkan.

Menurut Martin, menyimpan telur di lemari es bukan ide yang bagus. "Telur bisa menyerap semua rasa dari lemari es karena tekstur cangkangnya," kata Martin, dikutip dari laman Mirror, Kamis (19/1/2023).

Telur bersuhu dingin juga tidak selalu baik untuk diolah menjadi hidangan. Namun, sisi baiknya, menyimpan di kulkas bisa memperpanjang umur telur, terutama bagi orang yang mengolahnya tidak dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Martin pernah membagikan pendapatnya tentang memasak dengan margarin. Dia bercanda dengan mengatakan sangat membenci margarin sampai-sampai berharap produk margarin dihilangkan dari rak supermarket untuk selamanya.

Pasalnya, Martin adalah pencinta mentega. "Kebenciannya" terhadap margarin yang banyak digunakan sebagai pengganti mentega bukan karena takut tersaingi. Namun, karena dia menganggap margarin termasuk makanan kemasan dengan tumpukan garam dan lemak tersembunyi.

"Itu mengerikan. Dua hal itu, selain plastik, adalah hal yang mengerikan. Menjadi masalah besar karena bukan mentega sebenarnya yang Anda taruh di atas roti panggang Anda," kata Martin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement