Rabu 25 Oct 2023 13:18 WIB

Minum Teh Setiap Hari, Baik atau Buruk? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Timbul pertanyaan tentang manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh teh.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Teh (ilustrasi). Minum teh setiap hari mendatang beberapa manfaat dan efek samping bagi kesehatan.
Foto: www.freepik.com
Teh (ilustrasi). Minum teh setiap hari mendatang beberapa manfaat dan efek samping bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minum teh menjadi salah satu kebiasaan yang disukai banyak orang. Ada yang menikmati secangkir teh saat sarapan, yang lain meminumnya sebelum tidur, dan beberapa lainnya berbagi cangkir teh dengan orang yang mereka cintai pada sore hari bersama camilan favorit.

Dengan begitu banyak orang yang menikmati minuman ini, timbul pertanyaan tentang manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh teh, serta apakah ada efek samping negatif dari minumnya. Seorang ahli diet terdaftar untuk menjelaskan manfaat dan efek samping minum teh setiap hari pada kesehatan Anda.

Baca Juga

Beberapa manfaat dan efek samping ini berkaitan dengan jenis teh tertentu, sementara yang lain berlaku untuk semua jenis teh. Sebagai contoh, teh hijau dikenal sebagai salah satu jenis teh paling sehat berkat kandungan antioksidannya yang unik, sehingga memberikan manfaat tertentu yang tidak dimiliki oleh teh herbal lainnya. Demikian pula, teh herbal dapat memiliki manfaat yang berbeda tergantung pada jenis bunganya.

Dilansir laman Eat This, Not That! pada Rabu (25/10/2023), berikut pengaruh minum teh setiap hari pada tubuh, simak manfaat dan efek sampingnya:

 

1. Membantu kesehatan jantung

Minum teh terutama teh hitam, hijau, dan kembang sepatu, terkait dengan peningkatan kesehatan jantung. Ini dapat membantu menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol LDL, dan meningkatkan fungsi kardiovaskular secara keseluruhan.

2. Meningkatkan fungsi kognitif

Minum teh hijau dapat meningkatkan fungsi otak karena mengandung L-theanine, yang bekerja bersamaan dengan kafein untuk meningkatkan energi, kewaspadaan, dan fungsi kognitif.

3. Membantu pencernaan

Teh herbal seperti kamomil, pepermin, dan jahe dapat mendukung kesehatan pencernaan, meredakan gejala seperti kembung, gangguan pencernaan, dan mual.

4. Kafein tambahan

Beberapa teh mengandung kafein seperti teh hitam, hijau, dan oolong. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti kegelisahan, peningkatan detak jantung, dan kesulitan tidur.

5. Efek relaksasi

Teh kamomil dikenal karena efek menenangkan berkat antioksidan apigenin yang dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan relaksasi, serta membantu Anda tidur lebih baik.

6. Kaya fitonutrien

Teh mengandung beragam fitokimia dan fitonutrien karena berasal dari berbagai jenis tanaman. Ini termasuk antioksidan yang membantu menetralkan radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit kronis.

7. Mengatur metabolisme

Minum teh, khususnya teh hijau, dapat membantu mengatur metabolisme dan berkorelasi dengan pengendalian glukosa dan berat badan, bahkan pada pasien diabetes.

8. Menurunkan peradangan

Teh memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi peradangan pada sel darah merah, memberikan manfaat positif pada kesehatan Anda.

9. Dapat menyebabkan lebih sering buang air kecil

Teh dengan sifat diuretik, seperti teh dandelion, teh hijau, teh barley, dan teh kembang sepatu, dapat membuat Anda sering buang air kecil.

10. Bantuan dalam mengendalikan berat badan

Teh hijau telah terbukti membantu penurunan berat badan dan lemak, terutama di sekitar area perut, serta membantu kontrol metabolisme.

Mengingat jenis teh yang Anda minum dan sensitivitas individu, minum teh setiap hari dapat memberikan manfaat kesehatan yang beragam, asalkan dikonsumsi dengan bijak.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement