Senin 10 Jul 2023 20:50 WIB

Tiga Teh Ini Dapat Turunkan Kolesterol dan Hipertensi

Kolesterol tinggi perlu dikendalikan untuk meminimalkan

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Teh hijau (ilustrasi). Teh hijau dapat mengurangi tekanan darah .
Foto: www.freepik.com
Teh hijau (ilustrasi). Teh hijau dapat mengurangi tekanan darah .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi dianggap sebagai prekursor pembunuh utama, seperti serangan jantung dan strok. Oleh karena itu, sangat penting untuk meminimalkan risiko.

Pakar teh dr Tim Bond mengungkapkan tiga minuman teh terbaik yang dapat menurunkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah tinggi. Berikut daftarnya, seperti dikutip Express, Senin (10/7/2023):

Baca Juga

1. Teh hitam (black tea)

Dianggap sebagai minuman pokok orang Inggris, teh hitam menawarkan lebih dari sekadar rasa yang menyenangkan dan kafein. Ini mengandung senyawa tanaman, termasuk thearubigins dan theaflavins, yang telah terbukti menurunkan tekanan darah. Anda dapat minum antara tiga hingga empat cangkir setiap hari.

"Teh hitam telah terbukti membuka saluran kalium dalam sel tubuh kita. Tindakan ini menyebabkan pembuluh darah menjadi rileks dan menurunkan tekanan darah," kata peneliti teh dan ahli kimia.

2. Teh hijau (green tea)

Dokter Bond mengatakan teh hijau dapat mengurangi tekanan darah tetapi pada tingkat yang lebih kecil dari teh hitam. Hal ini terjadi karena kandungan antioksidan katekin pada pembuluh darah dan melalui saluran ion kalium yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah.

"Penelitian telah menemukan teh hijau (antara lima hingga enam cangkir setiap hari) mengurangi tekanan darah sekitar dua milimeter merkuri," ujarnya.

Jika Anda tidak menyadarinya, milimeter merkuri (mmHg) menggambarkan satuan yang digunakan untuk mengukur tingkat tekanan darah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement