Jumat 19 Jan 2018 13:41 WIB

Anda tak Kunjung Hamil? Mungkin Ini Penyebabnya

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Wanita hamil
Foto: pixabay
Wanita hamil

4. Kuantitas Berhubungan Anda Masih Kurang

Memang sulit menentukan seberapa banyak pasangan harus berhubungan seks untuk mendapatkan anak. Namun Anda harus tahu bahwa sperma pria bisa hidup dalam tubuh wanita hingga lima hari. Ini berarti sperma tetap berenang dalam tubuh wanita meski belum memasuki masa ovulasi.

Diaz mengatakan frekuensi keintiman seksual terbaik adalah tiga hingga empat kali sepekan. Ini adalah cara paling sederhana untuk meningkatkan peluang hamil.

5. Anda stres

Konsultan medis yang sudah diakui global, Lynn Westphal mengatakan stres bisa memengaruhi respons hipotalamus yang memengaruhi hormon alami yang dibutuhkan untuk ovulasi. Pasangan yang terkena stres tinggi sering mengalami penurunan libido yang berujung pada berkurangnya peluang hamil.

Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah menjaga level stres. Anda bisa mencoba olah raga, meditasi, akupuntur, tidur cukup, dan pola makan sehat.

6. Anda perokok

Rokok dipastikan mengurangi tingkat kesuburan pria dan wanita. Motilitas sperma rendah, dan libido berkurang, sehingga mengurangi gairah bercinta. Jika dikombinasikan dengan alkohol, ini bisa menyebabkan masalah lebih serius.

Ahli endokrin reproduksidi MemorialCare Orange Coast Medical Center, Fountain Valley, California, David Diaz mengatakan tembakau menyebabkan masalah pada paru-paru, pernapasan, dan menghasilkan produk sampingan berbahaya bagi sperma. Produksi sperma semakin sedikit dan peluang keguguran tinggi.

"Jika Anda pasangan merokok, cobalah cara terbaik dengan memutus kebiasaan ini untuk meningkatkan peluang hamil," kata Diaz.

7. Anda pemabuk

Minum terlalu banyak alkohol benar-benar tidak sehat bagi pasangan yang ingin mempunyai anak. Minuman beralkohol bisa memengaruhi kesuburan dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement