Jumat 19 Jan 2018 13:41 WIB

Anda tak Kunjung Hamil? Mungkin Ini Penyebabnya

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Wanita hamil
Foto: Republika/Musiron
Wanita hamil (ilustrasi)

8. Anda kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas juga mengurangi peluang hamil. Obesitas menyebabkan menstruasi tidak teratur, ovulasi terganggu, resistensi insulin, pradiabetes, tekanan darah tinggi, infilrasi lemak pada hati, hingga hiperplasia lapisan rahim.

Wanita gemuk berisiko hamil lama dan berisiko keguguran juga. Penelitian yang dipublikasikan di Obstetrics and Gynecology menemukan bahwa wanita dengan indeks massa tubuh (BMI) lebih dari 40 memiliki risiko keguguran tinggi dibanding wanita dengan berat badan normal.

"Solusinya adalah menerapkan panduan spesifik untuk asupan gizi, olah raga, dan pengelolaan makanan supaya tidak berlebihan," kata Diaz.

9. Memangku laptop terlalu lama

Ini kedengarannya seperti cerita fiksi, namun ada kebenaran ilmiah untuk itu Suhu tinggi khususnya di atas 37 derajat celsius dapat merusak sperma. Dokter menganjurkan Anda melindungai sperma dari panas ekstrem dan menghindari memangku laptop terlalu lama. Jangan mandi air panas atau berendam air hangat terlalu lama. Ini hanya mengekspos sperma dengan suhu panas terus menerus.

Duduk dalam posisi sama terlalu lama juga menurunkan kesuburan pria, seperti duduk di meja kantor yang bisa menaikkan suhu skrotum. Bangunlah dan bergerak dalam interval waktu tertentu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement