Selasa 29 Aug 2017 10:39 WIB

Hangatnya Gecok Kambing untuk Sajian Idul Adha

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Gecok kambing
Foto: dok Bango
Gecok kambing

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernah mendengar menu gecok kambing? Mungkin nama menu satu ini masih asing terdengar di telinga Anda. Tapi ini merupkan salah satu masakan khas dari Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang.

Di sana salah satu legenda kuliner ternama adalah Gecok Kambing Mantep Roso. Kemunculan gecok di wilayah ini dimulai tahun 1940an, di mana salah satu pedagang gecok yang paling legendaris dan bertahan hingga kini adalah Gecok Kambing Mantep Roso.

Asal mula kata gecok adalah digigit, dicokot. Awalnya gecok dikenal sebagai obat capek atau lelah karena paduan pedas antara merica dan cabai Jawa (atau cabai Jamu) membuat tubuh jadi berkeringat dan terasa lebih segar.

“Gecok adalah masakan kambing pakai kuah. Bedanya bumbu pakai rempah yang banyak sekitar 25 lebih rempah. Rempahnya biasanya untuk jamu,” ujar Cahya Indra Putra, pemilik Gecok Kambing Mantep Roso generasi ketiga.

Uniknya lagi, ketika disantap, kuahnya terasa sedikit berpasir karena kelapa sangrai yang ditambahkan ke dalamnya. Gecok menggunakan daging kambing, juga kepala dan kaki. Tidak menggunakan jeroan. Selain itu mereka juga menggunakan tulang kambing. Untuk seporsi gecok kambing Anda harus membayar Rp 25 ribu.

Menurut pakar kuliner, Arie Parikesit, gecok kembing ini rasanya enak. Hangatnya terasa di tubuh. Tidak seperti cabai yang pedas dilidah. Sehingga makanan ini sangat cocok untuk wilayah pegunungan yang dingin seperti kota asal Gecok.

Gecok Mantep Roso

Bahan-bahan:

1 kg daging kambing

1 ons gula jawa

1 lembar daun salam

4 lembar daun jeruk

Blendo secukupnya

Bumbu yang ditumis:

2 sdt merica

2 siung bawang merah

2 siung bawang putih

1 buah cabai jawa

1 ruas jahe

1 ruas kunyit

Kayu manis (sepotong kecil)

Sejumput adas

Sejumput mesoyi

1 buah kapulaga

1 buah kemiri

Kecap manis secukupnya

Cara memasak:

- Daging kambing dihalup-halupi (direbus dengan garam) untuk melunakkan dan memberi rasa. Angkat tiriskan lalu potong dadu.

- Semua bumbu digongso (dimasak setengah kering) hingga matang.

- Panaskan 1,5 liter air. Setelah mendidih masukkan bumbu yang sudah digongso, 1 sdm garam, 1 ons gula jawa, 1 lembar daun salam dan 4 lembar daun jeruk.

- Setelah semua tercampur rata, masukkan daging kambing lalu masukan blendo dan tunggu hingga matang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement