Kamis 03 Nov 2016 11:11 WIB

Lezatnya Rujak Buah Dicampur Saus Sambal

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Indira Rezkisari
Rujak buah yang berpadu dengan saus sambal.
Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Rujak buah yang berpadu dengan saus sambal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Setelah mencampur es krim vanila dengan saus sambal, Chef Bara mengajak bereksperimen dengan rujak buah. Apa rasanya memadukan rujak buah dengan saus sambal botolan?

Rujak buah merupakan salah satu kuliner Nusantara yang masuk ke dalam daftar ‘Tantangan Sambal ABC’. Makanan ini merujuk pada salah satu kota tujuan ajang tersebut, yakni Surabaya. Penyajian kuliner ini pada hakikatnya sama dengan umumnya. Hanya saja, makanan khas daerah ini ditambahkan sedikit saus sambal ABC.

Rujak petis buah biasanya dihidangkan dengan berbagai macam buah dengan bumbu rujak. Kali ini, Chef Bara hanya menggunakan, buah jambu air, manga, kedondong, nanas dan delima. Keempat buah tersebut dipotong-potong berbentuk dadu, kecuali delima yang harus dipisah-pisah bulirnya.

Bumbu rujak serupa dengan yang biasa dipakai masyarakat, yakni gula pasir, garam, kacang tanah goreng, asam jawa dan air. Seluruh bumbu tersebut dicampur lalu dihaluskan. Saat seluruhnya telah disiapkan, bahan-bahan tersebut hanya perlu dicampurkan dalam satu wadah. Kemudian campurkan saus sambal jenis apapun sesuai selera masing-masing.

Saat mencicipi rujak tersebut, rasanya pada umumnya sama dengan yang biasa. Tak ada perbedaan yang terlalu menonjol dengan adanya campuran saus sambal. Bahkan, bagi pecinta pedas, levelnya tidak sama sekali tinggi. Selain enak dan segar, kuliner dengan campuran saus sambal ini dijamin tak membahayakan kesehatan. Hal ini bisa terjadi jika takaran saus disesuaikan dengan kondisi dan selera masing-masing.

Ada 10 makanan yang menjadi prioritas Chef Bara untuk dicicipi masyarakat dalam ajang ‘Tantangan Sambal ABC’. Kesepuluh makanan tersebut, yakni gudeg, sate kambing, martabak, roti bakar, pisang goreng, otak-otak, lontong cap gomeh, rujak, kerak telor dan es krim vanila.

Chef Bara Pattiradjawane, mengatakan, pemilihan kesepuluh makanan ini berdasarkan lima kota tujuan ajang tersebut. Pihak ABC dan Chef Bara hanya memiliki makanan yang dianggap paling terkenal di daerah Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan Medan. "Makanan tersebut nantinya akan dipadukan dengan saus sambal ABC yang diharapkan bisa menambah referensi cita rasa baru di masyarakat,"ujar Chef Bara di Restoran Tesate Jakarta, Rabu (2/11).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement