Kamis 03 Nov 2016 10:33 WIB

Chef Bara Ajak Cicipi Gudeg dengan Saus Sambal

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Indira Rezkisari
Chef Bara Pattiradjawane
Foto: dok ABC
Chef Bara Pattiradjawane

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia sangat dikenal akan keberagaman makanan Nusantaranya. Cita rasa setiap makanan dari daerah pun memiliki keunikan tersendiri.

Di antara perbedaan itu semua, kecintaan rasa pedas menjadi hal paling umum diminati masyarakat se-Indonesia. “Masyarakat Indonesia itu kalau tidak makan sambal, hampa rasanya. Mereka perlu sesuatu yang pedas,” ujar Chef Bara dalam Peluncuran ‘Tantangan Sambal ABC’ di Restoran Tesate, Jakarta, Rabu (2/11).

Namun sayangnya, sambal lebih sering dinikmati dengan makanan yang sama sedari dahulu. Masyarakat Indonesia acap memadukan sambal dengan gorengan, ayam goren, mie bakso dan sebagainya. Padahal, dia melanjutkan, saus sambal seperti ABC bisa dipadukan dengan makanan nusantara lainnya.

“Kita ingin mengajak masyarakat buka pikiran dan lidahnya untuk mencoba sesuatu yang baru. Yang sudah enak akan lebih enak dengan saus sambal,”ujar Bara.

Atas dasar itu, Heinz ABC mengadakan ‘Tantangan Sambal ABC’ di lima kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Medan. Chef Bara akan mengunjungi kota-kota tersebut dan mengajak masyarakat mencicipi makanan khas daerah dengan sambal ABC. Upaya ini juga sekaligu mendorong masyarakat untuk kembali menemukan kecintaan terhadap masakan Nusantara.

Dari sejumlah kota tujuan, Chef Bara telah menantang masyarakat Yogyakarta. Masyarakat setempat diajak mencicipi makanan khas daerah, seperti gudeg, bakpia keju dan lainnya yang selama ini tidak pernah menggunakan sambal saus ABC. “Responsnya luar biasa, ada yang teriak, terkejut dan malu-malu. Mereka tidak nyangka rasanya bisa enak juga di lidah,” tambah dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement