Kamis 03 Nov 2016 10:51 WIB

Es Krim Vanila Saus Sambal, Unik Tapi Enak

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Indira Rezkisari
Chef Bara sedang membubuhkan saus sambal ke atas es krim vanila.
Foto: dok ABC
Chef Bara sedang membubuhkan saus sambal ke atas es krim vanila.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernahkah Anda memikirkan kombinasi makanan yang unik, tapi mudah dibuat bahkan tak perlu mengeluarkan kocek besar. Chef Bara mengatakan ada banyak menu tidak biasa yang terasa lezat bila dipadukan dengan saus sambal.

“Masyarakat akan menemukan nuansa baru atau cita rasa baru,”ujar Chef Bara. Chef Bara mengungkapkan, terdapat setidaknya 10 makanan yang cocok dpadukan dengan saus sambal. Sepuluh makanan tersebut, yakni gudeg, sate kambing, martabak, roti bakar, pisang goreng, otak-otak, lontong cap gomeh, rujak dan kerak telor. Selanjutnya, makanan yang jelas akan menghebohkan jika dipadukan dengan saus sambal, yakni es krim vanila.

Pemilihan ide mengonsumsi es krim vanila dan saus sambal ini murni ide dari Chef Bara. Salah satu inspirasinya ada pada kebiasaan masyarakat Jawa dalam mengombinasikan rasa manis dan pedas dalam makanan. Menurut dia, santapan masyarakat Kepulauan Jawa cenderung pada dua rasa itu.

Untuk membuatnya, Chef Bara memang lebih suka memanfaatkan es krim vanila yang menjadi salah satu rasa favoritnya. Dengan kata lain, masyarakat selanjutnya bebas memilih rasa yang ingin dipadukan dengan saus sambal. Dia juga mengingatkan, agar hati-hati menentukan takaran saus yang akan dicampurkan pada es krim tersebut.

“Jangan terlalu banyak sausnya, kita bukan mencoba rasa pedasnya tapi cita rasa baru. Kalau kebanyakan, rasa yang lebih menonjol malah pedasnya,” kata Bara.

Pada kesempatan itu, Republika.co.id berkesempatan mencicipi es krim vanila dengan campuran sesendok saus sambal ABC. Es krim vanila itu disajikan dalam satu gelas berukuran sedang. Di dalamnya, satu sendok sambal ABC sudah dicampur lalu hanya perlu mengaduk-aduknya agar rasa lebih merata.

Saat sendokan pertama, rasa pedas yang lebih dulu terasa di lidah. Kemudian disusul dengan rasa manis dan dingin dari es krim vanila. Pedas yang terkandung pada es ini tidak terlalu tinggi sehingga penderita maag tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya. Meski terasa aneh di awal, es krim ini dijamin enak dan akan habis dalam hitungan detik.

Tertarik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement