Selasa 27 Sep 2016 20:54 WIB

Menu Seimbang ala Vietnam

Rep: Gita Amanda/ Red: Winda Destiana Putri
Salah Satu menu yang ada di Restoran Do An.
Foto: Tripadvisor
Salah Satu menu yang ada di Restoran Do An.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menu makanan sehat atau healthy food sedang digandrungi banyak penikmat kuliner saat ini. Restoran Vietnam Do An menyuguhkan berbagai menunya untuk menjawab permintaan tersebut.

Pemilik Do An, Lea Joan, mengatakan menu-menu yang disuguhkan di restorannya merupakan menu otentik asal Vietnam. Di Vietnam menurutnya setiap suguhan makanan dibuat mengutamakan keseimbangan.

"Makanya dalam setiap makanan pasti ada unsur sayuran, karbohidrat, protein. Ada yang direbus, digoreng, dipanggang, komposisinya seimbang. Karena sekarang kan menu sehat lagi diminati," kata Lea kepada Republika saat pembukaan cabang ke sembilan Do An, di Kemang, Selasa (27/9).

Para konsumen yang datang ke Do An pun menurutnya rata-rata merupakan orang yang sadar akan makanan sehat. Banyak pula warga asing yang menurut Lea senang dengan sajian Do An karena berasal dari bahan-bahan segar.

Menyadari banyaknya peminat makanan dengan komposisi menyehatkan ini membuat Do An menurut Lea berani membuka cabang ke sembilannya yang bertempat di Gedung Colony Kemang tersebut.

Ada sejumlah menu favorit di Do An menurut Kepala Pelanggan Do An Kemang, Anggun. Salah satunya Salad Bihun Satay Ayam Rempah. Terdiri dari bihun dengan kombinasi sayuran seperti wortel dan tauge dengan saus khas Do An. Tak ketinggalan satay ayam yang di masak dengan bumbu rempah melengkapi salad tersebut.

"Salah satu bahan khas dalam setiap makanan Vietnam khas yang kami suguhkan adalah daun ketumbar. Ini membuat makanan terasa khas dab segar," katanya.

Menu lain yang tak ketinggalan jadi idola adalah Pho Bo. Untuk pecinta makanan pedas, Pho Bo ini bisa jadi pilihan. Mie beras dengan kuah daging yang dilengkapi sayuran seperti tauge dan daun ketumbar ini hadir dengan irisan cabai rawit. Saat mencicipinya rasa pedas yang segar dari cabai rawit langsung dapat di rasakan.

Pho Bo dilengkapi dengan berbagai pilihan pelengkap seperti irisan daging maupun bakso atau bisa keduanya. Jangan lupa tambahkan perasan jeruk lemon untuk menambah kaya rasa.

Sebagai penutup menurut Anggun ada berbagai pilihan makanan penutup di Do An. Satu yang menjadi favorit adalah Che Bab yang terdiri dari ketan hijau hangat dengan jagung manis dan dilengkapi santan.

"Ketan hijau ini khas Vietnam, karena di Indonesia tidak ada ketan hijau," kata Anggun.

Teksturnya yang seperti bubur hangat dengan rasa manis berpadu gurihnya santan dapat menjadi pilihan sajian penutup. Jangan lupa lengkapi makan ala Vietnam Anda dengan kopi Vietnam dingin atau teh bunga teratai yang menghangatkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement