Rabu 21 Sep 2016 08:29 WIB

Pengusaha Es Blender Raih Untung Jutaan Rupiah

Rep: MGROL77/ Red: Andi Nur Aminah
Es Blender
Foto: Youtube
Es Blender

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mendirikan usaha ternyata tidak selalu perlu membutuhkan modal yang besar. Hal ini dibuktikan sendiri oleh usahakecil-kecilan milik Ridwan Ibnu. Pria ini memulai usaha hanya bermodalkan Rp 1 juta untuk memulai bisnis Es Blendernya. Dari bisnis yang dijalankannya bersama temannya itu kini dia meraup untung hingga jutaan rupiah per bulan.

Mengambil tema food and beverage, Ibnu mengaku ide membuat usaha ice drink bernama Deseeto merupakan salah satu usaha yang menjanjikan dan tidak akan mati. “Kenapa saya memilih usaha bidang food and baverage itu karena buat saya tidak akan ada matinya usaha jenis minuman dan makanan," ujar Ibnu di Jakarta Selasa (20/9).

Meskipun usahanya hanya berupa minuman es, pria yang masih berkuliah ini tidak takut tersaingi. Karena menurutnya kekuatan usaha diperoleh dari pasar yang kuat. "Saat kita punya usaha itu sudah pasti punya saingan. Tapi tergantung individu menanggapi persainganya. Saya sih  menanggapinya santai saja, karena saya dapt pasarnya itu bagus," ujarnya.

    

Pasar usaha Ibnu adalah remaja sekolah. Dia pun memilih lokasinya yang dekat dengan sekolah SMP 258 Cibubur. Es Blender ini pun menjadi incaran pelajar. Ice drink sirsak, coklat dan mangga adalah menu paling favorit yang bisa dijangkau remaja. Harganya pun hanya Rp 3.000 hingga Rp 6.000 per gelas saja.

    

Ibnu juga memiliki pesan untuk penggiat usaha kecil seperti dirinya. "Jangan pernah takut untuk mencoba, usaha apa pun ada risiko jadi harus pasang badan untuk itu. Sekecil apa pun penghasilanya jalanin saja, dan kunci dari usaha itu sabar," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement