Jumat 05 May 2023 13:34 WIB

Saat Cuaca Panas, Air Apa yang Baik Untuk Dikonsumsi?

Semua jenis air putih baik untuk dikonsumsi baik dalam suhu apa pun.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Semua jenis air putih baik untuk dikonsumsi baik dalam suhu apapun, namun air dengan suhu normal (16 hingga 25 derajat Celcius) atau sejuk adalah suhu terbaik untuk dikonsumsi.
Foto: Sciencealert
Semua jenis air putih baik untuk dikonsumsi baik dalam suhu apapun, namun air dengan suhu normal (16 hingga 25 derajat Celcius) atau sejuk adalah suhu terbaik untuk dikonsumsi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Saat cuaca panas, menghidrasi tubuh sangat penting dilakukan. Namun, air apa yang baik dikonsumsi saat cuaca panas?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital Bekasi, dr Melisa Diah Puspitasari, SpPD mengatakan sebenarnya, semua jenis air putih baik untuk dikonsumsi baik dalam suhu apapun, namun air dengan suhu normal (16 hingga 25 derajat Celcius) atau sejuk adalah suhu terbaik untuk dikonsumsi.

Baca Juga

Air yang terlalu panas juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat menghadapi cuaca panas karena dapat mengurangi rasa haus ketika dehidrasi serta mengganggu kemampuan tubuh dalam menyeimbangi suhunya.

Ia mengatakan Anda juga sebaiknya menghindari konsumsi minuman dingin manis atau minuman dingin dengan nilai gula yang tinggi saat menghadapi cuaca panas.

"Ini disebabkan karena hal tersebut dapat menurunkan kekebalan tubuh sehingga memicu bakteri jahat yang ada di dalam tenggorokan kita untuk semakin bertambah dan akhirnya membuat tenggorokan terasa gatal dan sakit tenggorokan," ungkapnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Kamis (5/5/2023).

Selain itu, Anda mungkin juga ingin menghindari minum air dingin saat sedang pilek atau flu, atau jika Anda memiliki kondisi kronis tertentu di saluran pernapasan dan pencernaan, karena hal tersebut dapat meningkatkan proses peradangan sehingga semakin memperlambat proses penyembuhan.

Tidak apa-apa untuk mengonsumsi air dingin sesekali, lanjutnya, namun jumlah hariannya harus dibatasi. "Mari sama-sama hadapi cuaca panas dengan bijak," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement