Senin 21 Aug 2023 09:19 WIB

Minuman Panas atau Dingin, Mana yang Membuat Anda Lebih Nyaman?

Ketika keringat menguap sepenuhnya, minuman panas dapat membantu mendinginkan tubuh

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Minuman panas dapat membuat orang tetap sejuk,yaitu  dengan membuat kita cukup terhidrasi untuk berkeringat.
Foto: Pixabay
Minuman panas dapat membuat orang tetap sejuk,yaitu dengan membuat kita cukup terhidrasi untuk berkeringat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Saat suhu naik, banyak orang meraih minuman dingin untuk mendinginkan. Tetapi yang lain meminum teh panas.

Teh panas adalah minuman yang diminum sepanjang tahun di negara-negara, seperti Bangladesh, India, Jepang, dan Arab Saudi. Banyak orang menyegarkan di hari yang panas.—dan dalam pengobatan tradisional Cina, teh tertentu dikatakan memiliki khasiat mendinginkan bahkan saat dikonsumsi dalam keadaan panas. Tapi bisakah minuman panas benar-benar mendinginkan Anda di hari yang panas?

Baca Juga

Ternyata, minuman panas memang bisa memberikan efek mendinginkan tubuh, tapi itu tergantung konteksnya, kata para ahli kepada Live Science.

Menurut Peter McNaughton, seorang profesor farmakologi di King’s College London yang mempelajari termoregulasi, minuman panas benar-benar dapat mendinginkan tubuh. “Tampaknya sangat berlawanan dengan intuisi,” ujar McNaughton kepada Live Science. Tetap saja, “Meminum minuman panas benar-benar membuat suhu tubuh Anda turun” jika tidak terlalu lembap, katanya.

Jika minuman lebih hangat dari tubuh, pada awalnya, “Jelas minuman itu membuat Anda lebih panas,” kata McNaughton, dilansir Live Science, Senin (21/8/2023). Tapi manusia, seperti semua hewan berdarah panas, terus menyesuaikan diri untuk mempertahankan suhu internal yang konsisten. McNaughton menemukan bahwa minuman panas (dan cabai pedas) mengaktifkan reseptor di saraf kita yang disebut TRPV1, yang memberi tahu tubuh bahwa tubuh perlu didinginkan.

Sebagai tanggapan, manusia berkeringat. Keringat yang terkumpul di kulit memang tidak nyaman, tetapi tambahkan angin sepoi-sepoi atau kipas angin, dan udara yang bertiup melewatinya membantu keringat menguap, membawa panas bersamanya.

Secara umum, McNaughton berkata, “Hidupmu bergantung pada keringat.” Berkeringat dapat membantu manusia bertahan hidup di beberapa suhu tertinggi yang didokumentasikan di Bumi, setidaknya di panas kering.

Keringat kurang efektif pada kelembaban tinggi karena udara sudah penuh dengan uap air dan tidak dapat menyerap banyak dari kulit; itu sebabnya dalam kelembaban tinggi, suhu yang dapat bertahan hidup jauh lebih rendah.

Sebuah studi tahun 2012 di jurnal Acta Physiological menemukan bahwa ketika keringat menguap sepenuhnya, minuman panas dapat membantu mendinginkan tubuh secara keseluruhan, setidaknya untuk sementara. Studi itu mengamati pengendara sepeda yang bersepeda cukup cepat untuk menciptakan angin sepoi-sepoi sendiri di iklim tanpa kelembaban, yaitu kondisi ideal untuk penguapan keringat.

Efek sebaliknya, minuman dingin menurunkan suhu tubuh dan kemudian mendorong otak untuk mengurangi keringat agar suhu tubuh kembali ke suhu semula. Sebuah makalah tahun 2018 menunjukkan bahwa dengan lebih sedikit angin, lebih banyak kelembaban, atau penghalang lain untuk keringat yang efektif - seperti pakaian tebal yang dikenakan oleh petugas pemadam kebakaran - mungkin lebih masuk akal untuk mendinginkan diri dengan meminum es serut.

“Air dingin pasti akan membuat tubuh Anda lebih dingin,” kata McNaughton. “Itu akan cenderung menekan keringat juga. Jika kamu sudah berkeringat, itu mungkin bagus!”

Ada cara lain yang penting agar minuman panas dapat membuat orang tetap sejuk,yaitu  dengan membuat kita cukup terhidrasi untuk berkeringat. Dalam keadaan normal, tubuh dapat dengan cepat mengompensasi chai panas atau milkshake dingin—tetapi tidak dapat mengompensasi kekurangan cairan. “Prioritas nomor satu: minuman panas, minuman dingin, minuman bersuhu ruangan-lupakan saja,” ujar McNaughton.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement